Korupsi Ratusan Juta, Kades Gunggungan Lor Dituntut 2 Tahun Penjara

KRAKSAAN – Kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa (DD) yang dilakukan Kades Gunggungan Lor Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Hasan Basri, sudah sampai sidang tuntutan. Dalam sidang Senin (28/9), Kades yang telah dinonaktifkan sementara itu  dituntut 2 tahun kurungan penjara.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo Cok Gede Putra Gautama mengatakan, dalam sidang tuntutan itu pihaknya menuntut terdakwa terbukti bersalah sesuai dengan pasal 3 UU tindak pidana korupsi.

“Selain dituntut kurungan penjara, yang bersangkutan juga diminta membayar denda 100 juta subsidair 6 bulan kurungan. Juga uang pengganti sebesar Rp 194.657.835,” katanya, kemarin.

Menurut Cok Gede, jika tidak mampu membayar, maka akan dilakukan penyitaan harta. Jika harta tidak cukup, akan ditambah satu tahun kurungan. “Jadi harus ganti rugi. Kalau tidak, maka akan ada penyitaan harta bendanya. Ini tuntutan kami. Untuk putusan, apa kata hakim nanti,” terangnya.

Artikel Terkait

Sidang tersebut digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya. Hasan Basri yang menjadi terdakwa mengikuti sidang secara online di Rutan Kraksaan kelas II B. Persidangan itu dipimpin ketua majelis hakim, Dede Suryaman.

Perlu diketahui, Kepala Desa Gunggungan Lor ditetapkan menjadi tersangka kasus penyalahgunaan Dana Desa tahun 2015-2016. Total dana tahun itu sekitar Rp 1,5 miliar yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Dari dana itu, kerugian negara yang disebabkan korupsi kepala desa sekitar Rp 195 juta.

Korupsi yang dilakukan yaitu ada sejumlah pembangunan infrastruktur yang disangka dikorupsi. Diantaranya berupa pembangunan drainase, pembangunan tembok penahan tanah, dan   pengaspalan jalan. (yek/iwy)

Bagikan
Ditulis oleh
Koran Pantura

Artikel Terbaru

Diskominfo Latih Digital Branding Para OPD

KRAKSAAN - Untuk mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo lebih kreatif membangun dan mengaktivasi…

22 Oktober 2020

Museum Probolinggo Diganti Museum Rasulullah

PROBOLINGGO – Kamis (22/10) sejak pagi hingga petang, Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin supersibuk. Pukul…

22 Oktober 2020

Pilkades Serentak 62 Desa, Siapkan Anggaran Rp 1,5 Miliar

KRAKSAAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Probolinggo tahun 2021 mendatang dipastikan hanya…

21 Oktober 2020

Waduh, Ada Sampah Medis di Stadion Bayuangga

PROBOLINGGO - Warga di sekitar Stadion Bayuangga Kota Probolinggo mengeluhkan adanya tumpukan sampah yang berserakan…

21 Oktober 2020

Satpol Kota Probolinggo Bongkar Tempat Judi

PROBOLINGGO - Satpol PP Kota Probolinggo bergerak memberantas perjudian. Selasa (20/10) sore, Satpol PP membongkar…

20 Oktober 2020

TNBTS Ingatkan Soal Gempa Freatik

SUKAPURA - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengingatkan wisatawan tentang bahaya letusan…

20 Oktober 2020