Politik & Pemerintahan

Mas Zulmi Tebar 10 Ribu Bibit Ikan Nila


PROBOLINGGO – Penyaluran bantuan kembali dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia di wilayah Kabupaten Probolinggo. Bantuan tersebut berupa 10 ribu bibit ikan nila.

KKP menyalurkannya melalui Pimpinan Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin, Rabu (23/9). Namun Hasan berhalangan hadir karena sedang mengikuti kegiatan di Jakarta. Sehingga ia mewakilkan penyaluran bantuan kepada H. Zulmi Noor Hasani, putranya.

Zulmi Noor Hasani mengatakan, penyaluran dilakukan di tiga lokasi. Pertama di rumah Salam, Kepala Desa Gerongan, Kecamatan Maron. Sementara titik kedua di kantor Kecamatan Banyuanyar. “Titik ketiga yaitu di rumah Bapak H. Abdul Karim di Desa Clarak, Kecamatan Leces. Beliau Ketua PAC Partai NasDem Leces,” terangnya.

H. Zulmi Noor Hasani melepas sekantung plastik bibit ikan nila di sebuah sungai di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/9). (Abdur Rohim Mawardi/Koran Pantura)

H. Zulmi Noor Hasani melepas sekantung plastik bibit ikan nila di sebuah sungai di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/9). (Abdur Rohim Mawardi/Koran Pantura)

Tokoh muda yang karib disapa Mas Zulmi ini mengatakan, 10 ribu bibit ikan nila itu merupakan upaya KKP untuk melakukan restocking atau penambahan stok ikan tangkapan di perairan umum. Sehingga, seluruh bibit tersebut ditebar di sungai di tiga lokasi berbeda.

“Kenapa perlu restocking? Beberapa tahun terakhir ini, stok ikan tangkapan di perairan umum jumlahnya terus turun. Ini karena penangkapan ikan dilakukan secara berlebihan. Padahal stok ikan semakin menipis. Misalnya ikan nila ini,” terang Direktur Utama media cetak harian Koran Pantura ini.

Mas Zulmi berharap penebaran bibit ikan nila itu membuat stok ikan nila bertambah dari waktu ke waktu. Ia juga berharap masyarakat turut berpartisipasi dalam upaya tersebut.

“Jika masyarakat tidak peduli terhadap masalah ini, tentu stok ikan akan semakin menipis. Padahal masyarakat sendiri butuh ikan untuk dikonsumsi. Bibit yang ditebar ini saya harap dapat bermanfaat bagi kita semua,” harapnya. (awi/eem)


Bagikan Artikel