Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Bagikan Bantuan kepada Puluhan Gapoktan


PROBOLINGGO – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat, Sabtu (30/8). Bantuan dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia diserahkan kepada puluhan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Probolinggo. Penyerahan dilakukan di Pondok Hati di Dusun Toroyan, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan.

Dalam kegiatan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) itu, Hasan menyerahkan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) pengolahan dan pasca panen. Hasan juga memulai pelaksanaan program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO).

“Dalam kegiatan ini, saya juga menyerahkan bantuan kendaraan roda 3 sebagai sarana penanggulangan Covid-19,” ungkap Ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat sekaligus Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta ini.

Sebanyak 20 Gapoktan menerima alsintan. Sementara program UPPO disalurkan kepada 10 gapoktan yang menerima dana segar masing-masing Rp 200 juta. Juga ada 10 instansi yang menerima sarana penanggulangan Covid-19.

Hasan menerangkan, Komisi IV DPR RI memiliki sejumlah mitra kerja. Di antaranya Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan BUMN.

“Saya mohon dengan hormat, penerima memanfaatkan dengan sebaik-baiknya segala bantuan yang telah diterima. Jangan seperti bantuan-bantuan tahun sebelumnya. Hari ini diserahkan, tahun depannya gak ada,” tegas anggota Fraksi Partai NasDem ini.

Bahkan dalam penyerahan tersebut, Hasan meminta agar ada surat pernyataan menerima bantuan dilengkapi materai. Penandatangannya disaksikan penegak hukum untuk memperkuat komitmen penerima bantuan. “Mohon maaf, nanti akan saya cek melalui aparat hukum,” tegas mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.

Hasan menambahkan, bantuan tersebut diserahkan tanpa ada embel-embel fee maupun pemotongan. “Tidak ada komisi dan potongan, dan tidak ada upah kepada siapapun,” tegasnya.

Adapun bantuan yang diserahkan adalah Alsintan. Di antaranya power threser, power threser multi, power threser multi mobile, corn seller, dan corn seller mobile. Selanjutnya bantuan berupa pompa air 3 DIM, pompa air 4 DIM, kultivator, rice transplanter, dan handspayer elektrik.

Salah satu perwakilan penerima bantuan adalah H. Abdurrohim. Kades Kedungrejoso, Kecamatan Kotaanyar ini mengaku bersyukur Gapoktan di desanya menerima bantuan dari Kementerian. “Saya ucapkan terima kasih kepada bapak H. Hasan Aminuddin,” ucapnya.

Menurutnya, lahan pertanian di Desa Kedungrejoso seluas 190 hektar. “Nanti penggunaan teknisnya bagaimana, biar Gapoktan yang akan membagi dan melaksanakan di lapangan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengungkapkan, selain alsintan, Hasan Aminuddin juga menyerahkan bantuan berupa sarana penanggulangan Covid-19.

“Ada motor roda 3 sebanyak 10 unit, APD ada 200 unit, Trash Bag ada 7 ribu unit, dan Dropbox 35 unit. Itu untuk 2 rumah sakit, 6 puskesmas dan 2 pondok pesantren di Kabupaten Probolinggo,” ungkap Dwijoko.

Fasilitas tersebut berguna untuk pelayanan kesehatan. Setiap rumah sakit menerima 1 unit motor roda 3, APD 100 unit, trash bag masing-masing 1.000 unit, dan 1 unit dropbox. “Sedangkan puskesmas dan Ponpes masing-masing menerima 1 unit kendaraan roda 3, trash bag masing-masing 500, dropbox 1,” tuturnya.

Selain kedua jenis bantuan itu, ada juga program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO). Program itu nantinya fokus dalam produksi pupuk organik yang bersinergi dengan bidang peternakan sapi. (awi/eem)


Bagikan Artikel