Politik & Pemerintahan

Insentif Nakes Rp 1,1 Miliar, Cair Pekan Ini


PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten Probolinggo berencana untuk mencairkan insentif bagi tenaga kesehatan (Nakes) Covid-19 pekan ini. Sedianya insentif senilai total Rp 1,1 miliar tersebut akan dibagikan kepada sekitar 250 nakes di dua RSUD dan beberapa puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Boedi Yoelijanto mengungkapkan, saat ini anggaran untuk insentif bagi ratusan nakes tersebut sudah ada di rekening kas daerah, dan siap untuk dicairkan. “Insentif untuk Nakes RSUD yang menangani Covid-19. Rencananya cair pekan ini,” ungkapnya, Senin (3/8).

Dijelaskannya bahwa anggaran itu merupakan insentif yang diberikan langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai bentuk apresiasi atas kinerja tak kenal lelah dari para Nakes yang telah berjuang menangani pasien Covid-19 sejak merebak di bulan Maret lalu. “Yang cair itu insentif untuk dua bulan, yakni di Maret-April,” jelasnya.

Disebutkannya pula bahwa insentif dari Kemenkes tersebut hanya berlaku bagi para pegawai fungsional. Seperti dari perawat, bidan, dokter umum hingga dokter spesialis. Sementara pegawai administrasi, mendapat insentif dari APBD Kabupaten Probolinggo. “Insentif untuk petugas administrasi atau di luar nakes, sudah dicairkan pekan lalu,” sebutnya.

Terkait berapa besaran yang diterima oleh masing-masing Nakes, dr. Anang yang juga menjabat sebagai Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo itu menyampaikan, bahwa angka pastinya hanya diketahui oleh pihak rumah sakit selaku tempat kerja dari para nakes tersebut. “Tidak tahu, yang tahu rumah sakit tempat nakes itu,” pungkasnya. (tm/awi)


Bagikan Artikel