Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Tebar 20 Ribu Benih Ikan di Sungai Toroyan


KRAKSAAN – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs H Hasan Aminuddin menebar benih ikan di perairan Kabupaten Probolinggo, Selasa (28/7). Uniknya, benih ikan itu bukan ditebar di perairan pantai, melainkan perairan tawar.

“Kali ini ada sekitar 20 ribu benih ikan yang ditebar. Benih-benih itu tersebar di perairan tawar wilayah Kota-Kabupaten Probolinggo,” ungkap Hasan, usai melepas ribuan benih ikan di Sungai Toroyan, depan Pompes Hati, Rangkang, Kraksaan.

Ia menargetkan ada 1 juta benih ikan yang ditebar di perairan tawar wilayah setempat. Namun benih itu nantinya akan ditebar di sungai. Tentunya, sungai yang aman dari ancaman manusia. Sehingga ikan-ikan di sungai itu cepat besar dan berkembang biak. “Ancaman yang membahyakan ikan. Misalnya disetrum atau dikasih obat biar mati,” ungkap politisi Partai NasDem itu.

Mantan Bupati Probolinggo dua periode itu menyatakan ingin mengembalikan budidaya leluhur. Yakni bahwa di mana ada sungai, di situ pasti ada ikan. Oleh karenanya, ia mengajak para generasi muda untuk ikut menjaga ekosistem laut dan sungai. Itu agar di mana ada air, harus ada ikannya.

“Bagaimana caranya? Harus diawali dari kita. Misal, zakat, sedekah perusahaan, dan orang yang dilebihkan rezekinya, diperuntukkan untuk beli benih dan tabur di sungai dan laut,” paparnya.

Target jangka panjangnya nanti, menurut Hasan ialah pada impor ikan tidak lagi masuk ke ibu pertiwi ini. Sebab, hamparan laut, sungai, dan danau di negeri ini terbantang luas. Sehingga sebagai banga agraris ini sudah selayaknya untuk menjaga dan melestarikan ekosistem yang ada. “Agar potensi itu bisa menghasilkan dan memperkuat daulat pangan ikan di republik Indonesia ini,” tutur Hasan.

Dalam penebaran benih kemarin, Hasan Aminuddin didampingi oleh Kapolres Probolinggo AKBP Ferdi Irawan, Kepala Kejaksaan Negeri Ardiansyah, Dandim 0820 Letkol Infanteri Imam Wibowo, dan Dirjen Perikanan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Arik Hari Wibowo. (yek/iwy)


Bagikan Artikel