Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Desak Gerakan Beli Ikan Lokal


KRAKSAAN – Demi memberikan kesejahteraan dan kedaulatan para nelayan, terutama nelayan Kabupaten Probolinggo,  Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs H Hasan Aminuddin mendesak pemerintah untuk menggalakan gerakan beli ikan lokal. Dan pemerintah perlu mengawali gerakan ini.

“Membelinya itu kalau tidak diawali oleh pemerintah, tentunya tidak akan mampu menggerakkan secara nasional,” ungkap Hasan Aminuddin usai penebaran benih ikan di Sungai Toroyan, Desa Rangkang, Kraksaan Kabupaten Probolinggo,  Selasa (28/7).

Menurut Hasan, saat rapat kerja (raker) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pihaknya mengaku sudah mendesak agar pemerintah mengalokasikan anggaran sebagai stimulan untuk membeli ikan tersebut. Guna memancing koordinasi bersama pimpinan daerah dalam menggalakkan terobosan tersebut.

Selanjutnya, jika para pimpinan daerah di nusantara ada kepedulian yang sama terhadap nelayan, maka akan ada support anggaran yang menjadi gerakan bersama para pemerintah daerah nantinya. “Sehingga nantinya APBN dan APBD ada sinkronisasi anggaran. Yang tentunya tidak akan memberatkan pemerintah daerah dalam melakukan terobosan itu,” ujarnya.

Hasan menjelaskan, gerakan beli ikan itu tak luput dari terobosan sebelumnya, yaitu gerakan makan ikan. Tujuan utama dari gerakan tersebut untuk memberikan kesejahteraan pada para nelayan, agar perekonomian mereka terdongkrak dan bisa menyekolahkan anak-anaknya.

Terobosan ini, imbuh Hasan, perlu diawali oleh pemerintah. Sehingga secara berkelanjutan akan menjadi kebiasaan oleh masyarakat untuk beli dan makan ikan. “Gerakan beli ikan juga untuk menyejahterakan masyarakat nelayan kita,” tuturnya.

Selain bermanfaat pada perekonomian para nelayan, gerakan itu juga bermanfaat pada kesehatan tubuh. Sebab, protein dari ikan sangat melimpah. Misalnya, ikan tongkol dan salmon. “Untuk bisa makan ikan, tentunya kan harus beli ikannya dulu,” katanya disusul tawa. (yek/iwy)


Bagikan Artikel