Politik & Pemerintahan

Pemkab Probolinggo Gratiskan Rapid Test Peserta UTBK-SBMPTN


PROBOLINGGO – Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) tahun 2020 telah dimulai sejak 5 Juli lalu. Berbeda dibanding tahun sebelumnya, kali ini para peserta UTBK diwajibkan untuk melampirkan hasil pemeriksaan rapid test agar dapat mengikuti UTBK.

Melihat kondisi tersebut, Pemkab Probolinggo memutuskan untuk mengadakan kegiatan rapid test gratis bagi para peserta UTBK-SBMPTN yang berasal dari Kabupaten Probolinggo. Tes itu dilakukan hari ini. 

“Rapid test gratis ini, merupakan upaya nyata Pemkab Probolinggo dalam memastikan warganya yang mengikuti UTBK-SBMPTN, sedang dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19,” ungkap Kepala Diskotikdansa Kabupaten Probolinggo Yulius Christian, Senin (13/7).

Disebutkan, hingga Senin (13/7) petang, Pemkab Probolinggo mencatat sedikitnya 110 peserta UTBK-SBMPTN yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti rapid test yang akan digelar di ruang Tengger lantai 4 kantor Bupati Probolinggo di Kraksaan. “Kuota rapid test tidak kita batasi, tapi kami memprioritaskan hanya siswa yang menerima program kartu Indonesia pintar atau tidak mampu,” sebut Yulius.

Mantan Camat Sukapura ini berharap agar dengan adanya program rapid test gratis ini. Dapat membantu meringankan dan memudahkan perjuangan para siswa asal Kabupaten Probolinggo agar mampu meraih nilai terbaik dalam UTBK-SBMPTN dan lolos menuju ke perguruan tinggi favorit.”Semoga apa yang mereka cita-citakan dapat terwujud, dan semuanya dapat diterima di perguruan tinggi favorit mereka,” harapnya.

Perlu diketahui bahwa UTBK adalah ujian wajib bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA se-derajat untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur SBMPTN. Pada tahun ini, pendaftaran UTBK-SBMPTN akan berlangsung hingga 20 Juni 2020. Pendaftaran UTBK-SBMPTN dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) LTMPT, portal.ltmpt.ac.id. (tm/iwy)


Bagikan Artikel