Politik & Pemerintahan

Wabup Probolinggo Launching Kampung Tangguh


BANYUANYAR – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo melaunching Kampung Tangguh Semeru di Desa Alassapi, Kecamatan Banyuanyar, Kamis (18/6) lalu. Acara peresmian tersebut diselenggarakan di balai desa setempat. Kampung Tangguh diinisiasi sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengentas bencana non-alam.

Dalam peresmian tersebut, Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko didampingi Kapolres Probolinggo AKBP Ferdi Irawan dan Pabung Kodim 0820 Mayor Inf. Puguh Jatmiko. Hadir pula sejumlah pejabat OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Launching Kampung Tangguh Semeru Desa Alassapi ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wabup Timbul dan  pemotongan pita. Selanjutnya, penyerahan bantuan berupa beras 200 kg, hand sanitizer sebanyak 1 liter dan makanan berupa jamur kaleng sejumlah 4 pack kepada Kepala Desa (Kades) Alassapi Dwi Jatmiko.

Wabup Timbul Prihanjoko dalam sambutannya menyatakan, sudah cukup banyak Kampung Tangguh Semeru yang telah didirikannya di berbagai kecamatan. Itu sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam menangani permasalahan kebencanaan. Salah satunya adalah bencana non-alam wabah Covid-19 yang sangat meresahkan masyarakat.

Selanjutnya, Wabup Timbul menghimbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan yang ada. Jika nanti bencana non-alam ini sudah usai, Wabup meminta masyarakat untuk tetap menerapkan dan terus meningkatkan kepeduliannya terhadap penanganan bencana alam.

“Harapannya, semoga masyarakat tidak hanya terlihat tangguh dari sisi kesehatan, tetapi juga SDM (sumberdaya manusia), keamanan, informasi, budaya bahkan logistik. Semoga dengan Kampung Tangguh Semeru ini masyarakat mampu menyelesaikan permasalahannya secara mandiri,” ujar pria berkacamata itu.

Usai peresmian tersebut, Wabup Timbul, Kapolres AKBP Ferdi dan Mayor Inf. Puguh melakukan survei lokasi check point di Pasar Banyuanyar. Itu untuk mengetahui aktifitas para pedagang dan pembeli selama berada di pasar. Sekaligus untuk melihat efektifitas penerapan protokol kesehatan. (yek/iwy)


Bagikan Artikel