Politik & Pemerintahan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin menyerahkan bantuan secara simbolis kepada seorang nelayan Kabupaten Probolinggo yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. (Istimewa)

Hasan Aminuddin Imbau Warga Gemar Makan Ikan


PROBOLINGGO – Pemerintah terus berupaya mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan laut. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin juga turut serta dalam program tersebut. Menurutnya, mengkonsumsi ikan merupakan bagian dari upaya meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat guna mencegah penularan Covid-19.

Dalam program yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI itu, ada bantuan yang disalurkan kepada masyarakat. Khususnya yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Secara nasional, bantuan tersebut disalurkan ke 110 lokasi yang tersebar 21 provinsi di Indonesia.

Hasan Aminuddin menyerahkan bantuan tersebut di pendopo Kabupaten Probolinggo melalui kegiatan safari gemar makan ikan (gemarikan), Kamis (11/6). Turut hadir perwakilan Direktorat Pemasaran KKP serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi.

“Tiga kali kami mengesahkan anggaran KKP, termasuk anggaran Gemarikan yang secara khusus diarahkan untuk penanganan Covid-19. Makan ikan sangat penting karena mengandung protein yang sangat tinggi sekaligus dapat meningkatkan imun di masa pandemi ini,” terang Ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat ini dalam sambutannya.

Ia menyatakan, masyarakat tidak boleh terjebak dengan pemahaman bahwa Covid-19 itu tidak ada. Oleh karenanya, Hasan mengajak masyarakat agar taat protokol kesehatan. “Taat protokol kesehatan berarti taat kepada aturan pemerintah. Perlu diingat pula bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman,” tegas mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.

Ada 1.000 paket ikan yang disalurkan di Kabupaten Probolinggo. Wujudnya berupa 2 jenis ikan segar jenis teros dan tongkol yang jumlahnya mencapai 2 ton. Juga ada 6 jenis olahan ikan. Yaitu keripik ikan, amplang ikan, stick cumi, abon ikan, ikan kering, dan ikan kaleng. Adapun total nilai bantuannya sekitar Rp 130 juta.

“Saya harap bantuan dari pemerintah ini bisa dinikmati oleh masyarakat yang menerima. Selanjutnya, mari membiasakan diri untuk makan ikan agar kualitas imun tubuh kita masing-masing semakin membaik,” imbau Hasan. (awi/eem)


Bagikan Artikel