Politik & Pemerintahan

Bupati Tantri Pastikan UMKM Dapat Relaksasi Kredit


PROBOLINGGO – Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari memastikan para pelaku UMKM mendapatkan relaksasi. Kepastian ini disampaikan Bupati Tantri karena banyak pelaku UMKM yang mati suri karena terdampak wabah corona (Covid-19).

Bupati Tantri saat mengunjungi kawasan Gunung Bromo mengungkapkan pihaknya sejak tiga minggu lalu sudah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait imbas wabah Covid-19 terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Probolinggo. “Ternyata disambut baik, OJK Pusat sudah menetapkan relaksasi kredit,” terangnya.

Untuk relaksasi sendiri, kata Bupati Tantri, nantinya akan disesuaikan dengan masing-masing bank sesuai dengan pemilik UMKM di Kabupaten Probolinggo. “Skemanya nanti dikoordinasikan dengan masing-masing bank,” jelasnya

Sementara itu, salah satu pelaku jasa wisata di kawasan Gunung Bromo mengungkapkan sampai saat ini untuk relaksasi angsuran terhadap dirinya masih seperti biasa, yakni membayar angsuran setiap bulan. “Sampai sekarang masih bayar seperti biasa, kebijakan dari pemerintah belum kami rasakan,” kata Sigit, salah satu pelaku usaha suvenir kaos di kawasan Gunung Bromo.

Ia pun mengaku sudah berkoordinasi dengan bank yang meminjamkan modal usahanya sejak tahun lalu. Hasilnya, memang sampai saat ini belum ada kebijakan yang mengikat hingga ke tingkat bawah.

“Jadi, aturan ke bawah tidak berdampak, sampai saat ini bayar. Harapan kami, karena semua usaha juga tutup, harusnya ada solusi. Apakah itu stimulus atau kebijakan lain yang sesuai dan tepat sasaran,” tandasnya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel