Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin: Rakyat Butuh Bansos


PROBOLINGGO – Pandemi Covid 19 menjadi perihal paling serius yang dibahas oleh Komisi IV DPR RI dalam rapat pleno via teleconference, Selasa (31/3). Para anggota Komisi IV silih berganti menyampaikan pendapatnya. Termasuk Wakil Ketua Komisi IV H. Hasan Aminuddin.

Hasan mengatakan, Pandemi Covid 19 membuat hampir semua lini kehidupan masyarakat terhambat. Terutama sektor ekonomi. Ia menilai pemerintah melalui sejumlah kementerian terkait, perlu fokus melakukan langkah-langkah nyata. Salah satunya dengan memberikan bantuan sosial (bansos).

“Penyaluran bansos adalah solusi yang tepat. Penyalurannya harus disederhanakan, teknisnya tidak berbentuk uang tapi barang,” terang Hasan yang mengikuti rapat teleconference dari kediamannya di Kota Probolinggo.

Ada tiga jenis barang berupa bahan pokok yang dinilai penting untuk disalurkan. Yakni beras, minyak goreng, dan telur. Menurutnya, tiga bahan pokok tersebut benar-benar dibutuhkan masyarakat di level grass root (akar rumput). “Sifatnya mendesak,” tegas politisi Partai NasDem ini.

Terkait sasaran penerima bansos, Hasan menyarankan agar disesuaikan dengan mitra kerja Komisi IV. Meliputi Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Perum Bulog, Badan Restorasi Gambut (BRG). Hasan juga menyebut BUMN perlu menyalurkan bantuan.

“Kementerian Pertanian menyalurkan bansosnya ke para petani. KKP kepada para nelayan, dan seterusnya. Dua elemen bangsa ini tengah menunggu apa langkah nyata dari pemerintah,” terang suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini.

Ia juga meminta pemerintah untuk lebih mengefektifkan kementerian- kementerian. Pasalnya, apa yang disampaikan pemerintah terkait penanganan Covid 19 sejauh ini masih bersifat umum. Kebanyakan masih seputar kesehatan. Sementara dalam hal kebijakan terkait sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, serta kelautan, Hasan merasa pemerintah belum sempat menyampaikan langkah-langkah nyata.

“Seharusnya yang disampaikan lebih fokus dan tidak bersifat umum. Ini menjadi perhatian Komisi IV. Petani dan nelayan sudah menunggu apa langkah pemerintah. Dan menurut hemat kami, yang tepat adalah penyaluran bansos berupa beras, minyak goreng, dan telur,” tegas Hasan.

Hasan mendesak mitra Komisi IV untuk menaruh perhatian terhadap usulan tersebut. Jika para mitra sepakat, Hasan meminta mereka segera mengkoordinasikan penyaluran bantuan dengan Komisi IV. “Kami bersama-sama pemerintah untuk menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat. Khususnya petani dan nelayan,” ungkapnya. (eem)


Bagikan Artikel