Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Berharap Pilkades Kondusif


PROBOLINGGO – Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 61 desa di Kabupaten Probolinggo rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Agenda politik tingkat desa itu mendapat perhatian Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H Hasan Aminuddin. Ia meminta keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sekaligus situasi kondusif desa harus dijaga oleh seluruh elemen masyarakat di desa terkait.

“Pilkades adalah ajang pesta demokrasi tingkat desa. Dalam berdemokrasi, baik calon kepala desa dan panitia Pilkades harus menjunjung tinggi nilai-nilai berdemokrasi. Yakni mengedepankan persatuan dan kesatuan di antara warga desa. Sehingga terwujud sinergi menuju kamtibmas,” terang Hasan usai menggelar reses tahap II di pendopo Kabupaten Probolinggo, Selasa (10/3) lalu.

Menurutnya, dengan terbangunnya sinergi yang baik antara calon kepala desa yang sama-sama memiliki massa, maka kamtibmas mudah diwujudkan. “Tapi yang perlu diingat pula adalah independensi panitia Pilkades yang harus tetap dijaga. Jangan sampai terjadi kegaduhan akibat adanya konflik kepentingan. Karena itu bukan cara berdemokrasi yang baik,” tegas mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini.

Hasan mengingatkan agar para calon kepala desa menjauhi praktik money politics. Pasalnya, konsekuensinya sangat jelas. Yakni akan merugikan pihak yang terlibat di dalam permainan money politics tersebut. “Biarkan rakyat yang memilih sendiri mana pemimpinnya yang berkualitas. Jangan beli suara rakyat karena dampaknya akan merugikan orang banyak ke depan,” tegas suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini. (tm/eem)


Bagikan Artikel