Politik & Pemerintahan

Harga Gula Tinggi, Hasan Aminuddin: Segera Adakan Operasi Pasar


PROBOLINGGO – Kelangkaan dan tingginya harga gula di pasaran, membuat masyarakat di Kabupaten Probolinggo resah. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H Hasan Aminuddin menyatakan perlunya dilakukan operasi pasar untuk kembali membuat harga gula menjadi stabil.

“Mulai dari perusahaan gula, Disperindag, dan pihak terkait lainnya. Harus segera bertindak, solusinya yakni dengan menggelar operasi pasar. Ini tidak boleh dibiarkan terus berlanjut, karena ini juga terjadi di seluruh Indonesia,” ungkapnya, Selasa (10/3) ditemui usai acara reses di Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Dijelaskan, operasi pasar ini merupakan cara jangka pendek untuk membuat harga gula kembali normal. Untuk jangka panjangnya,kata Hasan pemerintah harus mengevaluasi kembali kinerja dari BUMN yang ditunjuk untuk memproduksi dan menyalurkan gula kepada masyarakat. “Apakah ada oknum yang ambil untung dibalik merebaknya isu virus corona ini. Kalau iya, kami minta pada aparatur penegak hukum untuk menangkap para pelakunya,” tegasnya.

Disamping itu, mantan Bupati Probolinggo 2 periode itu menyebut jika memang sudah sangat mendesak, maka pihaknya melalui komisi IV DPR RI akan mengusulkan dibukanya kran impor gula dari negara lain. “Tentunya impor tersebut harus memperhatikan sisi kemananan dan juga harus dari negara yang terbebas dari penyebaran virus Corona,” tandasnya.

Diketahui saat ini harga gula di sejumlah pasar tradisional di kabupaten Probolinggo saat ini menembus angka Rp 17.000 per kilogram. Padahal normalnya harga gula berkisar pada kisaran Rp 13.000 per kilogram. (tm/iwy)


Bagikan Artikel