Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin: Junjung Toleransi dan Keberagaman


KRAKSAAN – Tempat persemayaman jenazah umat Kristiani yang berada di Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, akhirnya diresmikan, Senin (9/3). Gedung anyar itu diresmikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin.

Hasan tampil meresmikan tempat persemayaman itu sebagai wujud komitmennya menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman. “Sudah bukan zamannya lagi saling hujat sana sini karena berbeda kepercayaan. Di antero Kabupaten Probolinggo, hal itu dilarang karena mencederai toleransi antar umat bergama,” kata mantan Bupati Probolinggo dua periode itu dalam sambutannya.

Indonesia telah merdeka puluhan tahun yang lalu. Maka menurut Hasan, masyarakat sudah tidak boleh lagi menanyakan apa suku dan agamamnya. Sebab, setiap warga negara punya hak dan kewajiban yang sama. “Kita semua sama-sama dilahirkan dari rahim ibu pertiwi, yaitu bumi Indonesia,” tegasnya.

Hasan menuturkan, tempat persemayaman itu merupakan tempat transitnya janazah umat Kristiani dalam beberapa hari sebelum dikebumikan. Menurutnya, kondisi demikian tak jauh beda dengan yang berada di Desa Rangkang. Di sana, ada kuburan muslim dan warga keturunan Tionghoa.  “Sampai saat ini, baik-baik saja. Karena pada hakikatnya, berkawan itu tak memandang apa agamanya. Senyampang mereka baik, itu tak akan ada masalah,” ujarnya.

Ia berharap, dalam pelaksanaannya ke depan, setiap tempat persemayaman ada kegiatan untuk melibatkan masyarakat sekitar. Misalnya menjaga parkir para tamu yang datang, sehingga bisa menjadi penghasilan tersendiri bagi mereka.

“Apalagi saat peresmian saat ini banyak element masyarakat dan tokoh agama yang hadir. Kedatangan mereka ini merupakan bentuk keberagaman dan sikap tolensi. Saya harap tempat persemayaman ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel