Istiqomah Mencerdaskan

Tercepat dan Terpercaya

Politik & Pemerintahan

Kades Terpilih Meninggal, Kedawung Akan Dipimpin Pj Kades

PROBOLINGGO – Sunardi, calon kepala desa terpilih Desa Kedawung, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo tak jadi dilantik setelah meninggal dunia, Kamis (12/12) pekan lalu. Sebagai jalan keluar, Pemkab Probolinggo menyiapkan penjabat sementara kepala desa (pj kades) untuk bertugas di Desa Kedawung.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda mengatakan, Pemkab tidak mungkin menggelar ulang pilkades di Kedawung dalam waktu dekat.

“Akan kami tunjuk pj kades agar roda pemerintahan di Desa Kedawung tetap berjalan. Pilkades ulang tersebut tidak bisa dilakukan pada tahun ini. Rencananya, pemilihan ulang akan diagendakan pada tahun-tahun berikutnya,” terang Syamsul, kemarin (15/12).

Sementara itu, Camat Kuripan Saniwar mengatakan, roda pemerintahan di Desa Kedawung masih tetap berjalan dengan baik. Pihaknya masih menunggu siapa yang akan ditunjuk menjadi pj kades. “Yang pasti kami menunggu petunjuk dari Bupati, Mas. Besok kami menghadap (Bupati) setelah acara pelantikan kades,” terangnya.

Perlu diketahui, Kedawung termasuk desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada 11 November lalu. Sejumlah 12 calon kades terpilih, termasuk Sunardi, dijadwalkan dilantik pada hari ini. Di Kedawung, ada 2 calon kades yang ikut Pilkades, yakni Salemuddin dan Sunardi. Sunardi menjadi calon terpilih setelah meraih 2.313 suara. Sedangkan Salemuddin memperoleh 1.700 suara. (rul/eem)

Tinggalkan Balasan