Politik & Pemerintahan

Anggaran Gedung Kesenian Rp 1,76 M


KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo saat ini tengah membangun gedung kesenian di eks lahan Puskesmas Kraksaan di Desa Sumberlele, Kota Kraksaan. Anggarannya sebesar Rp 1,76 miliar dan dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2020.

Pada tahun 2019, pengerjaan fisik fokus pada pondasi dan dinding gedung. Anggaran yang tersedia senilai Rp 860 juta. Selanjutnya, anggaran tahun 2020 senilai Rp 900 juta akan dipakai untuk pembangunan lantai, tribun, dan atap gedung. “Besar harapan kami gedung ini bisa selesai dan mulai beroperasi tahun depan,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto, Kamis (5/12).

Menurutnya, agenda pembangunan disetujui setelah Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari setuju melakukan alih fungsi gedung eks Puskesmas Kraksaan itu menjadi gedung kesenian. “Persetujuan itu terjadi pada akhir tahun lalu,” terangnya.

Meski disetujui, namun pihaknya tidak langsung melakukan pembangunan pada awal 2019. Sebab pihaknya harus menelusuri berkas atau dokumen kepemilikan bangunan tersebut. Sebab sebelumnya, aset tersebut tidak hanya pernah dikuasai oleh Dinas Kesehatan. Tapi juga oleh Dinas Perhubungan.

“Proses penelusuran itu cukup memakan waktu. Namun akhirnya masalah itu kami tuntaskan dan disetujui oleh bagian aset,” papar Sugeng.

Gedung tersebut dilengkapi dengan tribun penonton didalamnya. “Jadi, konsepnya indoor agar bisa dipakai sebagai tempat pertunjukan dan kegiatan kesenian di bawah naungan Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel