Istiqomah Mencerdaskan

Tercepat dan Terpercaya

Politik & Pemerintahan

Siapkan Pilkades 2020, 61 Kades Bakal Purnatugas

PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo menyiapkan Pilkades Serentak 2020. Sebab, ada 61 kepala desa (Kades) yang akan purnatugas pada Desember ini. Anggaran untuk Pilkades 2020 pun sudah disiapkan. Namun, rencana anggaran Pilkades 2020 kini masih direvisi Pemprov Jatim.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda mengatakan, ada 61 kades yang akan purnatugas akhir Desember ini. Maka, pemkab harus melakukan antisipasi sejak dini. Salah satunya dengan cara mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 mendatang. “Sekarang anggaran itu masih direvisi Pemprov Jatim,”  kata Samsul kepada Koran Pantura, Senin (2/12).

Jika mengacu pada pilkades tahun ini, anggaran 12 desa menghabiskan lebih dari Rp 400 juta. Bisa jadi, untuk 61 desa menghabiskan anggaran tak kurang dari Rp 2 miliar. Anggaran itu akan diperuntukan untuk seluruh materi pilkades, mulai APK (Alat Peraga Kampanye)  hingga gaji petugas, bahkan juga untuk keamanan.  “Yang pasti lebih dari Rp 1 miliar.  Wong 12 desa saja sudah lebih dari Rp 350 juta,” kilah Samsul yang tak mau menyebut detail anggaran.

Keengganan menyebut anggaran secara detail bukannya tanpa alasan.  Salah satunya karena diirnya masih menunggu evaluasi  dari pemprov. “Kecuali sudah ada angka pasti, nanti kita akan share,” jelasnya.

Disisi lain, Samsul menjamin berakhirnya masa jabatan tak akan menganggu pemerintahan desa. Sebab, kades yang akan purnatugas akan diganti dengan Pejabat Sementara Kades. “Yang pasti akan diganti dengan Pj, nanti yang akan melantik dan diambil sumpahnya dari masing-masing camat,” terangnya.

Sebelumnya, sebanyak 61 kepala desa (kades) dan penjabat (Pj) kades di Kabupaten Probolinggo akan purnatugas pada 27 Desember mendatang. Mereka adalah para kades hasil Pilkades serentak yang dilaksanakan pada tahun 2013 lalu. Sementara Pj kades menjabat setelah kades definitif tak mampu menyelesaikan masa jabatannya.

Berdasarkan data yang dihimpun Koran Pantura, puluhan kades tersebut berasal dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sebanyak 52 adalah kades definitif. Sedangkan 9 lainnya adalah Pj kades. Ada kades definitif yang diganti karena meninggal dunia maupun diputus karena terlibat kasus hukum pidana. (rul/iwy)

Tinggalkan Balasan