Politik & Pemerintahan

Bupati Tantri Resmikan Mal Pelayanan Publik

Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari Bupati melihat langsung proses pelayanan di salah satu loket pelayanan di MPP. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)

DRINGU – Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE telah merealisasikan salah satu program Nawa Hati di bidang pelayanan publik. Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kecamatan Dringu telah diresmikan, Rabu (19/12). Peresmian MPP merupakan bukti keseriusannya dalam bidang pelayanan birokrasi.

Bupati Tantri mengungkapkan kebahagiaannya atas terwujudnya salah satu program yang sejak lama ia rencanakan itu. Perencanaan MPP memang membutuhkan waktu yang tak sebentar. Pasalnya dibutuhkan banyak sumber daya manusia dan anggaran yang tak sedikit untuk merealisasikannya.

“Alhamdulillah dengan adanya aset gedung eks pemkab ini, kami tak perlu merogoh APBD terlalu dalam. Terima kasih kepada Bupati sebelum saya bapak Drs. H Hasan Aminuddin M.Si (Anggota Komisi VIII DPR RI, red) yang telah berpikir jauh ke depan, sehingga infrastruktur ini bisa dimanfaatkan di masa ini oleh masyarakat kabuaten Probolinggo,” ungkap suami dari H Hasan Aminuddin ini, kemarin.

Dengan adanya MPP, masyarakat kbupaten Probolinggo tak membutuhkan waktu lama dalam mengurus seluruh kebutuhan administrasi yang selama ini dipisahkan oleh jarak dan waktu antara satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dengan OPD lainnya.

“Saya sampaikan kepada masyarakat, cukup 15 menit untuk mengurus seluruh kebutuhan administrasinya di wilayah Kabupaten Probolinggo. Tapi ingat, selama persyaratan dan prosedurnya sudah terlebih dahulu dilengkapi, baik di tingkat desa maupun kecamatan,” terangnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo Hadi Prayitno mengungkapkan, ada 32 loket layanan publik yng tersedia di MPP. Untuk pelayanan instansi pemerintah, terdapat loket pelayanan Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan, Disnakertrans, Dinas Kesehatan, Bappeda, dan Bakesbang Linmas.

“Juga ada loket layanan Dinas PM dan PTSP, Disporaparbud, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Badan Keuangan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan Disperindag,” sebutnya.

Sementara untuk layanan instansi vertical, terdapat loket layanan PDAM, Kemenag, BPN, KPP Pratama, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan Taspen. Selanjutnya loket layaan Bank Jatim, Samsat, Polres Probolinggo dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo.

“Jadi, lengkap sudah seluruh unit loket pelayanan administrasi pemerintahan dan non pemerintahan di mal pelayanan publik ini. Ke depan, mal ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti food court untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya,” ungkapnya.

Saat ini, selain 32 lolet layanan, pengunjung juga dimanjakan dengan beragam fasilitas lainnya. Selain ruang tunggu ber-AC, pengunjung juga bisa memanfaatkan ruang laktasi dan tempat bermain anak. Juga ada fasilitas berupa klinik kesehatan yang siap melayani pengunjung sewaktu-waktu dibutuhkan. (tm/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan