Politik & Pemerintahan

Abdul Kadir Segera Disidang, Sudah Pelimpahan Kedua


KRAKSAAN – Kasus pemalsuan ijazah dengan tersangka anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Abdul Kadir segera disidangkan. Sebab, Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo sudah menerima pelimpahan kedua kasus tersebut dari Polres Probolinggo.

Hal itu disampaikan Kasi Pidum Kejari Kabupaten Probolinggo Ardian Junaedi, kemarin (20/11). Menurutnya, berkas perkara Abdul Kadir tersebut sudah P21 atau dinyatakan sempurna sejak pekan lalu. Kini, kasus tersebut sudah masuk tahap dua atau pelimpahan barang bukti dan tersangka dari penyidik Polres Probolinggo.

“Ya, sudah dilimpahkan dari pihak kepolisian ke kami. Dengan begitu, kasus ini sudah di tangan kejaksaan sepenuhnya,” ungkap Ardian yang kelahiran Kota Pisang Lumajang itu.

Menurut Ardian, untuk saat ini, pihaknya menitipkan tersangka Abdul Kadir di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2B Kota Kraksaan. Penitipan tersangka itu dipatok hingga 20 hari ke depan, sembari pihaknya menyiapkan berkas untuk persidangan nanti.

Jika nantinya berkas itu sudah siap, pihaknya akan segera melimpahkannya pada Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan. Sehingga pihak PN bisa menjadwalkan tanggal persidangan untuk kasus Abdul Kadir.

“Kami belum bisa pastikan kapan akan dilimpahkan. Sesuai prosedur, batas waktu paling lama 20 hari. Tetapi, tidak sampai 20 hari berkas itu sudah kami limpahkan ke pengadilan,” tutur pria berkacamata tersebut.

Ia memprediksi berkas itu sudah selesai dalam pekan ini. Pihaknya akan menyerahkan berkas itu ke PN pada pekan depan. “Biasanya, kalau pekan depan berkas sudah di tangan PN. Jadwal sidang bisa dimulai dua pekan yang akan datang. Tapi itu hanya prediksi saja. Semoga sesuai rencana,” tutur Ardian.

Saat ditanya soal tuntutan yang akan dijatuhkan pada tersangka, Ardian belum bisa memastikan. Sebab, pihaknya kini perlu konsentrasi pada persiapan berkas untuk persidangan. “Nanti secara bertahap. Tidak bisa loncat ke tuntutan dulu. Kami perlu persiapkan berkas yang ini dulu,” ujar Ardian. (yek/iwy)


Bagikan Artikel