Politik & Pemerintahan

Gelar Germas Kasih, Edukasi Warga tentang PHBS

KRAKSAAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo terus mengedukasi masyarakat agar hidup bersih dan sehat, serta tidak membuang sampah di sungai, demi penataan ruang kota yang baik. Salah satu langkah edukasi yang dilakukan yakni Gerakan Masyarakat Kali Bersih (Germas Kasih) di 12 titik se-Kabupaten Probolinggo, Kamis (14/11) pagi.

Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko hadir dalam kegiatan tersebut. Bahkan, Wabup Timbul juga turun langsung membersihkan sungai Kertosono di Kelurahan Sidomukti, Kota Kraksaan bersama ratusan peserta yang hadir.

“Germas Kasih. Ini namanya bagus. Kegiatan ini untuk mengajak agar kita lebih peduli pada lingkungan. Ini kegiatan yang menginspirasi,” kata Wabup Timbul saat memberikan sambutan.

Wabup Timbul dalam sambutannya pada acara Germas Kasih di Kelurahan Sidomukti, Kota Kraksaan. (Deni Ahmad Wijaya/Koran Pantura)

Menurut Wabup, gerakan tersebut intinya mengajak masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jadi, seharusnya bisa mengedukasi warga agar bisa menjaga lingkungan, terutama agar tidak lagi membuang sampah sembarang di sungai. Sebab, pemerintah sudah memfasilitasi dengan adanya tempat sampah di banyak titik di Kota Kraksaan dan kecamatan lainnya.

“Selain itu, kita ketahui semua bahwa membuang sampah di sungai itu perilaku yang kurang baik dan akan berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat nantinya,” bebernya.

Sementara, Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengatakan, selain mengedukasi masyarakat terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kegiatan itu juga bertujuan untuk mengantisipasi luapan air sungai di Kabupaten Probolinggo jelang musim hujan.

“Ada 12 titik sungai yang dilakukan pembersihan serentak. Mulai dari Kecamatan Tongas, Dringu, Gending, Pajarakan hingga Kraksaan. Total dalam kegiatan ini dihadiri 1.000 orang, baik dari unsur OPD, TNI, Polri, Ansor, dan elemen masyarakat lainnya,” paparnya. (awi/iwy/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan