Politik & Pemerintahan

DPRD Kabupaten Probolinggo Sepakati APBD 2020


PAJARAKAN – DPRD Kabupaten Probolinggo menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Pendapat Akhir (PA) Fraksi terhadap RAPBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2020, Selasa (12/11). Dalam rapat itu, seluruh fraksi menyepakati RAPBD 2020. Yakni melalui penandatanganan nota persetujuan bersama dewan dan pemerintah daerah.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo tersebut dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD. Dari pihak eksekutif hadir Wabup Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, Sekretaris Daerah H. Soeparwiyono, perwakilan Forkopimda, para staf ahli, asisten, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Rapat tersebut dibuka dengan ditandai ketokan palu oleh ketua rapat. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesepakatan dari enam fraksi. Melalui juru bicaranya masing-masing, secara keseluruhan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo dapat menerima dan menyetujui RAPBD Tahun Anggaran 2020 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan Nota Persetujuan Bersama Bupati dan Pimpinan DPRD tentang Raperda APBD tahun 2020. Nota persetujuan bersama tersebut ditandatangani oleh Wabup Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko dan segenap pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya, Wabup Timbul menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Yakni atas terjalinnya komunikasi yang baik, kerjasama, serta fungsi pengawasan yang telah dilakukan selama ini. Khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Probolinggo.

“Terima kasih kami ucapkan atas saran, tanggapan dan masukan terhadap Rancangan APBD Kabupaten Probolinggo tahun 2020  ini. Hasil kerja secara maraton tanpa kenal lelah, secara kompak dan bahu membahu antara komisi-komisi DPRD dengan perangkat daerah, dan antara Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah diharapkan bisa menghasilkan komitmen bersama. Wujudnya berupa persetujuan untuk penetapan APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2020,” terangnya.

Mengenai APBD tahun anggaran 2020, Wabup Timbul menginformasikan bahwa aspek kebijakan tetap mengacu pada nota kesepakatan mengenai Kebijakan Umum APBD tahun anggaran 2020 dan nota kesepakatan Prioritas Plafon Anggaran Sementara.

“Dengan demikian, anggaran ini hanya berupa penyesuaian terhadap estimasi penerimaan daerah khususnya bersumber dari transfer ke daerah dan desa yang tentunya berdampak pada penyesuaian terhadap alokasi belanja pada kegiatan-kegiatan yang belum diakomodir pada Rancangan APBD tahun 2020,” terangnya.

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengatakan, pihaknya bersama anggota dewan serta fraksi sudah menyepakati RAPBD tahun 2020. Ia berharap, program dan rencana yang sudah ditetapkan itu bisa membangun Kabupaten Probolinggo semakin maju. “Sehingga pembangunan daerah itu bisa terus terlaksana dan berkelanjutan,” harapnya. (yek/eem/adv)


Bagikan Artikel