Politik & Pemerintahan

Bupati: Kades Terpilih, Jaga Amanah Rakyat


KRAKSAAN – Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari mengeluarkan imbauan pasca pelaksanaan Pilkades Serentak di 12 desa yang dihelat Senin (11/11) lalu. Bupati Tantri mengimbau para calon kepala desa (cakades) terpilih agar bisa menjaga amanah masyarakat dan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Sehingga bisa dipercaya dan disegani warganya.

“Siapapun yang terpilih dan memenangkan pilkades di 12 desa itu, semoga bisa tetap menjaga amanah dan kepercayaan warganya. Jangan sampai menelantarkan kepercayaan warganya. Apalagi sampai menyalahgunakan kepercayaan itu demi kepentingan sepihak,” kata Bupati Tantri, kemarin (12/11)

Bupati Tantri kemudian mengingatkan bahwa dalam tahun ini sudah ada 3 kades yang terjerat kasus dan diusut hingga ke ranah hukum. Kini ketiganya sudah diberhentikan sebagai kades.

Kata Bupati Tantri, kejadian tersebut harusnya menjadi pembelajaran bagi para kades, terutama yang baru terpilih, agar tidak semena-mena dengan jabatan yang diembannya. “Kejadian itu harus dijadikan pelajaran agar tidak terulang kembali,” paparnya.

Bila nanti masih terdapat kejadian serupa, Bupati Tantri menyatakan tidak akan segan-segan mengambil langkah tegas sesuai peraturan yang berlaku.  “Itu sudah sesuai peraturan yang ada. Jadi, jangan sampai terjadi lagi,” tegasnya.

Ia menambahkan, adanya 3 kejadian yang menjerat kades tersebut merupakan bukti nyata bahwa peraturan yang berlaku di Kabupaten Probolinggo tidak pandang bulu. Tidak hanya pada kades, pihaknya juga berharap seluruh aparat pemerintah daerah pun melakukan hal yang sama. “Bukan hanya kades lama atau baru. Seluruh aparat pemerintah daerah pun sama,” katanya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel