Politik & Pemerintahan

Pilkades Probolinggo Tuntas, Ini Kades Terpilih


PROBOLINGGO – Penghitungan suara pemilihan kepala desa (pilkades) di 12 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Probolinggo tuntas seluruhnya pada Senin (11/11) sekitar pukul 22.30. Perolehan suara setiap calon kades telah terangkum dan pemenang pun sudah bisa dipastikan.

Kepala Bidang Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Manusia dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Bambang Susmoko mengatakan, penghitungan suara yang terakhir selesai yakni di Desa Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron. Menurutnya, proses penghitungan di desa tersebut memang lambat.

“Tidak ada masalah, hanya menghitungnya itu yang lambat. Jadi, panitia ambil satu-satu dan dilipat sendiri,” katanya, Senin malam.

Di 12 pilkades tersebut, tercatat ada 40 calon kepala desa yang berebut suara warga desa masing-masing. Ada 3 desa yang mempunyai calon hingga 5 orang. Cakades dengan jumlah paling sedikit yakni 2 orang, tersebar di 5 desa.

Persaingan sengit terjadi di pilkades Clarak, Kecamatan Leces. Pasalnya, dari 5 cakades, ada 2 cakades yang meraih suara terbanyak dengan perolehan suara sama persis. Yakni 428 suara. Bambang berpegang pada Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 28 tahun 2019.

“Panitia sudah betul dalam menentukan. Berdasarkan pasal 49 diambil dusun, pemetaan dusunnya. Kan ada 4 dusun itu (di Desa Clarak). Nomor 3 (cakades atas nama Imam Hidayat, red) itu menang di 3 dusun. Sedangkan yang nomor 4 (cakades atas nama Jamil, red) itu menang di 1 dusun. Jadi, yang menang yang nomor 3,” kata Bambang. (ay/eem)


Bagikan Artikel