Politik & Pemerintahan

DD Tahap III Cair Pekan Ini


KRAKSAAN – Anggaran Dana Desa (DD) tahap III di seluruh desa Kabupaten Probolinggo bakal segera dicairkan ke buku rekening pemerintah desa masing-masing. Pencairan DD sebesar 40 persen dari sisa anggaran itu bakal ditransfer dalam pekan ini.

Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Hadi menyampaikan, pihaknya sudah mengajukan pencairan DD tahap III itu ke KPPN, sejak 16 Oktober lalu. Dipastikan dana tersebut akan segera diproses pemindahan buku ke rekening kas desa. “Akhir minggu ini kami upayakan,” ujarnya, Kamis (7/11).

Kata Syamsul, pagu yang dicairkan ke rekening masing-masing desa itu sebanyak 40 persen dari total jumlah pagu yang sudah ditetapkan. “Kan pagu masing-masing desa berbeda, sesuai ketetapan itu,” tuturnya.

Ia mengatakan, pencairan DD tahap III itu sesuai dengan ketentutan dan target realisasi dan DD tahap I dan II, yaitu minimal serapan sebesar 75 persen dan output kegiatan sebesar 50 persen. “Dan itu sudah rata-rata capaian akumulatif seluruh desa,” jelasnya.

Syamsul menambahkan, pelaksanaan kegiatan pembangunan dari tahap III itu ditarget selesai hingga akhir tahun. Meski pada umumnya, memungkinkan terjadi hambatan dalam proses berjalannya kegiatan tersebut nantinya. “Tapi kami upayakan dan berharap pemerintah desa bisa segera merealisasikan pembangunan itu hingga akhir tahun,” harapnya. (yek/awi)


Bagikan Artikel