Politik & Pemerintahan

DPUPR Kabupaten Probolinggo Gelar Bimtek SMKK


KRAKSAAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Probolinggo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) bidang PUPR, Rabu (6/11). Kegiatan itu dilangsungkan di Pesanggrahan Kelurahan Semampir, Kota Kraksaan.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengatakan, peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 50 orang dari unsur penyedia jasa konstruksi di kabupaten setempat. “Maksud dari kegiatan ini adalah agar dapat meningkatkan kemampuan dan sikap para peserta dalam menerapkan kaidah-kaidah keselamatan,” kata Rachmad.

Sementara tujuannya adalah menyebarkan informasi dan meningkatkan pengetahuan SMKK. “Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan penerapan K3 pada pengadaan barang dan jasa,” paparnya.

 Penyematan secara simbolis alat pelindung diri kepada peserta bimtek di Pesanggrahan, Kelurahan Semampir, Rabu (6/11). (Deni Ahmad Wijaya/Koran Pantura)

Penyematan secara simbolis alat pelindung diri kepada peserta bimtek di Pesanggrahan, Kelurahan Semampir, Rabu (6/11). (Deni Ahmad Wijaya/Koran Pantura)

Dalam kegiatan itu, DPUPR bekerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Probolinggo, Asosiasi Jasa Konstruksi Kabupaten Probolinggo dan Dirjen Kementerian PUPR RI.

“Bimtek akan digelar selama 3 hari yaitu mulai Rabu (6/11) hingga Jumat (8/11) nanti. Untuk pemateri hari pertama adalah Ir. Nurmala Simanjuntak, M.eng.Sc. Jabatan fungsional madya pembina jasa konstruksi di Dirjen Bina Kontruksi Kementerian PUPR RI,” ungkapnya.

Kemudian pada 2 hari berikutnya giliran dari Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (A2K4). “Lalu ada juga materi dari BPJS Ketenagakerjaan di sela kegiatan itu tentang jaminan sosial,” katanya. (awi/iwy/adv)


Bagikan Artikel