Politik & Pemerintahan

Langsung Bentuk Panitia Baru


BESUK – Panitia Pilkades Kecik mengundurkan diri pada Selasa (15/10) lalu. Agar tahapan Pilkades Kecik tetap berlanjut, Pemerintah Kecamatan Besuk langsung bergerak membentuk panitia baru. 

Camat Besuk Puja Kurniawan yang juga merupakan panitia Pilkades tingkat kabupaten itu membenarkan adanya hal tersebut. Mengetahui panitia Pilkades Kecik mengundurkan diri, pihaknya langsung bergerak untuk melakukan pembentukan panitia baru. Itu agar tahapan Pilkades di Desa Kecik tidak tersendat.

“Terhitung Selasa (15/10) kemarin, Panitia Pilkades Kecil membuat surat pernyataan pengunduran diri. Makanya hari ini BPD (Badan Permusyawaratan Desa, red) dan Pj Kepala Desa telah membentuk panitia baru untuk melaksanakan tugas dari tahapan yang belum dilaksanakan oleh panitia yang lama yang sudah mengundurkan diri itu,” katanya saat dikonfirmasi kemarin (16/10).

Pada saat melakukan pertemuan dengan panitia Pilkades yang lama (diketuai Luqman), Camat Puja menilai tidak mendapatkan jawaban yang jelas. Terutama soal keamanan panitia Pilkades yang merasa terancam. Namun, Camat Puja menyatakan pihaknya tetap akan fokus untuk mengawal tahapan Pilkades yang belum usai.

“Saya akan fokus untuk menyelesaikan tahapan yang belum selesai. Meskipun camat masuk dalam keanggotaan panitia kabupaten, tugas camat juga harus menyukseskan pelaksanaan Pilkades di wilayahnya masing-masing. Kebetulan di Kecamatan Besuk ada 3 desa, salah satunya Desa Kecik,” katanya.

Sebagai camat dan panitia Pilkades di tingkat kabupaten, Puja mengatakan bahwa keamanan dari panitia Pilkades di tingkat desa akan terjamin. Sebab, tanpa menjadi panitia sekalipun, setiap tindak kejahatan atau tindakan yang mengancam keamanan seseorang itu tidak dibenarkan di mata hukum.

“Selama panitia tingkat desa menjalankan tugas dan fungsinya, insha Allah kami bertiga forum pimpinan kecamatan, Polsek dan Koramil akan siap memberi rasa aman kepada panitia sampai akhir tahapannya selesai,” katanya.

Ia pun mengatakan, meski di Desa Kecik panitia Pilkades baru dibentuk pada Rabu (16/10) pagi, jadwal tahapan pilkades tidak akan berubah. Semua akan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Karena hari ini (kemarin, red) tahapan akhir dari penetapan (cakades, red), insha Allah nanti akan dilaksanakan sore penetapannya. Ini hasil kesepakatan antara BPD dan pemerintah desanya,” jelasnya. (ay/iwy)

 

 


Bagikan Artikel