Politik & Pemerintahan

Panitia Diminta Teliti Ijazah Bacakades


KRAKSAAN – Sebanyak 12 desa di Kabupaten Probolinggo akan melangsungkan pemilihan kepala desa (pilkades) pada akhir tahun ini. Ada 46 bakal calon kepala desa (bacakades) yang akan berebut kursi kades. Namun sebelum itu, mereka harus melalui verifikasi berkas pendaftaran yang dilakukan oleh panitia pilkades.

Dari catatan Koran Pantura, pendaftar terbanyak terdapat di Desa Bulu. Yakni 8 orang. Namun, ada beberapa desa yang hanya mempunyai 2 calon saja. Yakni Desa Boto Lumbang, Desa Kedawung Kuripan, Desa Krampilan Besuk, serta Desa Jabung Sisir dan Desa Petunjungan Paiton.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Manusia dan Desa Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda mengatakan, ada beberapa desa yang jumlah bacakadesnya lebih dari 5 orang. Misalnya Desa Bulu Kraksaan di mana pendaftar bacakades sebanyak 8 orang. “Dalam pilkades, calon maksimal sebanyak 5 orang dan minimal 2 orang. Kalau pendaftar lebih dari 5 orang, maka harus ada verifikasi,” terangnya, Rabu (25/9).

Dalam proses verifikasi, bisa saja tersisa 1 orang yang lolos. Jika demikian, maka panitia pilkades harus kembali membuka pendaftaran calon kepala desa. Namun Huda mengaku optimis hasil verifikasi tidak akan menempatkan hanya seorang calon saja.

“Saya yakin, dari yang ada sekarang tidak akan ada desa yang hanya terdapat 1 calon saja setelah verifikasi ini. Karena pastinya para bacakades tersebut sudah mempersiapkan betul segala persyaratannya,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada para panitia pilkades untuk tetap melakukan verifikasi secara maksimal. Ia meminta panitia mengkonfirmasi kebenaran berkas-berkas yang dilampirkan oleh para bacakades sewaktu mendaftarkan diri. Terutama berkas ijazah.

“Harus konfirmasi kebenarannya, meskipun itu ijazahnya dari luar kota. Contohnya, ijazah yang digunakan berasal dari daerah Surabaya dan Malang, mereka tetap harus konfirmasi. Tidak perlu datang langsung ke sana, mereka juga bisa menggunakan surat-menyurat,” terangnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel