Politik & Pemerintahan

Bursa Inovasi Desa, Wadah Pemdes Bertukar Kegiatan Inovatif

KRAKSAAN – Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Probolinggo menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Ruang Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (10/9). Kegiatan tersebut digelar sebagai ajang saling tukar ide dan gagasan terkait program-program inovatif yang bisa dilaksanakan oleh pemerintah desa.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari dan Konsultan Pendamping Desa Provinsi Jawa Timur Maulana Sholehuddin. Hadir pula pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, ratusan kepala desa, dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

Ketua panitia Hasan Jazuli mengatakan, Bursa Inovasi Desa dirancang untuk menampung ide-ide pemerintah desa dalam mempersiapkan program-programnya ke depan. Ada tiga sektor yang diprioritaskan. Yakni SDM (Sumber Daya Manusia), infrastruktur, dan kewirausahaan dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

KOMPAK: Para Tim Inovasi Kabupaten (TIK) foto bersama Bupati Probolinggo sesaat setelah acara Bursa Inovasi Usai. (Ali Ya’lu/Koran Pantura)

Pria yang karib disapa Ayex ini menerangkan, kegiatan tersebut digelar selama 2 hari. Pada Selasa, kegiatan ini diikuti oleh pemerintah desa dari 10 Kecamatan. Terdiri dari Kecamatan Krucil, Tiris, Maron, Kraksaan, Besuk, Gading, Pakuniran, Kotaanyar, Paiton, dan Krejengan. “Totalnya terdiri dari 164 desa,” sebutnya.

Ia bersyukur karena seluruh pihak-pihak yang diundang, bisa hadir pada acara tersebut. Sehingga penyerapan aspirasi dan pernyataan komitmen untuk menyukseskan pembangunan desa, bisa terlaksana.

“BID ini merupakan forum pertukaran kegiatan inovatif. Pemerintah desa bisa mereplikasi program yang diterapkan oleh desa lainnya. Kami menyediakan 23 menu nasional dan 3 menu lokal untuk bidang kewirausahaan. Untuk pengembangan SDM, ada 21 menu nasional dan 5 menu lokal. Sedangkan untuk infrastruktur, kami menyediakan 16 menu nasional dan 1 menu lokal yang bisa direplikasi,” terang Ayex. (ay/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan