Politik & Pemerintahan

Petani Pra Sejahtera Probolinggo Dapat Bantuan


PAJARAKAN – Sedikitnya 1.279 RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian) yang tersebar di 10 desa di Kecamatan Pajarakan akan segera mendapatkan bantuan. Berupa hibah melalui program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) dari Kementerian Pertanian RI tahun 2019.

Wujudnya uang tunai senilai Rp 500 ribu untuk pembuatan kandang ayam, dan bibit ternakan ayam jenis Jawa Super sebanyak 50 ekor. Itu pun disertai pakan 150 kg, obat-obatan dan vitamin serta bibit hortikultura.

Sasarannya di 10 desa itu adalah Desa Sukokerto, Pajarakan Kulon, Selogudig Wetan, Karangbong, Karanggeger, Karangpranti, Ketompen, Selogudig Kulon, Sukomulyo dan Tanjung.

Plt Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengungkapkan pemberian bantuan hibah dari kementerian pertanian ini merupakan yang pertama. Selain Kabupaten Probolinggo, di Jawa Timur hanya ada 2 daerah yang juga mendapat bantuan serupa yakni Kabupaten Sampang dan Pamekasan.

“Program ini digulirkan memang untuk kesejahteraan masyarakat. Kalau ayam itu telah bertelur, maka telurnya itu bisa dijual atau dinikmati sendiri. Dagingnya bisa dijual atau terus bisa dipelihara. Jadi tidak ada ikatan nanti kalau sudah besar dikasihkan ke yang lain. Karena memang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memerangi stunting,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang Enniek Herwiyanti mengatakan beberapa hal. Program BEKERJA di Kementan RI ini sudah berlangsung sejak tahun 2018 lalu. Penerima program ini ditentukan langsung dari pusat dengan kriteria data dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Jadi untuk data RTMP ini sudah ada dasar dari Kemensos. Kami maupun daerah tidak diperbolehkan memilih sendiri dan tinggal memverifikasi dari data Kemensos tersebut. Selanjutnya kita cek layak atau tidak kita beri bantuan,” katanya.

Enniek menerangkan, rencananya bantuan program Bekerja ini akan diserahkan pada pertengahan bulan September 2019. Harapannya para RTMP mendapatkan nutrisi tambahan dari telur atau mungkin dari ayam jantan yang nantinya akan dijual atau dipotong untuk dibelikan kebutuhan hidupnya. “Dengan demikian bntuan ini akan bermanfaat dan mampu meningkatkan kesejahteraan warga dan mengurangi angka kemiskinan,” ujar Ebbiek. (tm/ra)


Bagikan Artikel