Politik & Pemerintahan

Hari Pertama Kerja, Separo Dewan Absen


PAJARAKAN – Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo mulai ngantor pada hari perdananya kerja, Senin (2/9). Ruang kerja dewan terlihat sepi. Sebab, lebih dari separo anggota dewan yang baru dilantik itu, tak ngantor.

Para anggota dewan tak semuanya hadir dan mengisi ruang kerjanya. Hanya ada beberapa dewan yang berada di dalam gedung tersebut.

Humas DPRD kabupaten Probolinggo Judi Suratmoko membenarkan jika pada hari pertama masuk kerja, tak semua dewan datang ke kantor. Tak heran jika aktivitas kantor dewan lengang.

“Hari ini (kemarin, red) memang hari pertama kerja, tapi dewan tidak ada agenda. Jadi, para anggota dewan tak semuanya datang ke kantor,” ungkapnya.

Sementara anggota dewan yang datang ke kantor, punya agenda lain. Selain bekerja, mereka datang untuk mengambil SK Pelantikan atau keputusan Gubernur tentang pengangkatan anggota dewan.

“Nah, hari ini yang baru mengambil SK itu baru sekitar 20 anggota dewan dari total 50 anggota,” sebut Judi.

Amin Haddar, salah satu anggota Dewan dari Fraksi PPP mengatakan, anggota dewan tidak punya agenda resmi pada hari perdananya bertugas. Sehingga menurutnya, mereka tak wajib datang ke kantor.

“Ini tidak masuk karena nggak ada agenda dewan. Mungkin anggota dewan lain itu masih ada aktivitas lain. Seperti tasyakuran atas pelantikan mereka, atau kegiatan lainnya,” ujarnya saat ditemui di gedung DPRD.

Ia mengakui anggota dewan telah menerima gaji pertamanya. Namun kata Amin, mereka tetap tak wajib datang ke kantor. Apalagi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) masih belum ditetapkan.

“Meski datang, di kantor juga belum ada aktivitas. Saya sendiri ke sini juga karena ada perlu,” kata Amin. (yek/eem)


Bagikan Artikel