Politik & Pemerintahan

Maksimalkan Layanan, Dispendukcapil Buka Loket di 3 Kecamatan


PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) menggelar layanan administrasi kependudukan di 3 kecamatan yakni Krucil, Tongas dan Kuripan. Rangkaian itu sekaligus uji coba pelayanan kependudukan selesai dalam sehari. Hal itu untuk mempermudah layanan kepada masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan partisipasi pelayanan administrasi kependudukan, Pemkab menyediakan beragam cara, diantaranya memberikan doorprize dan hiburan. “Rangkaian kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun untuk memperingati HUT RI,” ungkap Kepala Dispendukcapil setempat Slamet Riyadi.

Ia mengatakan, Pemkab Probolinggo memberikan apresiasi kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan dalam bulan Agustus ini. Pemkab memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk mengurus dokumen. Pengurusannya beragam, mulai dari KTP elektronik, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak. “Itu layanan terintegrasi. Sementara baru 3 kecamatan,” sebutnya. 

Dari rangkaian uji coba yang dilakukan ini, ternyata tidak menemukan kesulitan sama sekali. Ke depan, layanan itu pun akan diterapkan di 24 kecamatan se Kabupaten Probolinggo. “Targetnya, layanan terintegrasi ini dapat dilakukan pada awal tahun 2020,” ujarnya. 

Lebih jauh ia mengatakan, layanan itu hanya mengandung syarat, yakni dokumen persyaratan yang dibawa harus lengkap. “Kemudahan itu bukan berarti menghilangkan persyaratan,” ucapnya. 

Slamet menegaskan, pemerintah pada prinsipnya akan terus berupaya untuk melakukan perbaikan layanan untuk mempermudah pengurusan dokumem administrasi. Inovasi-inovasi yang sudah dilakukan diantaranya, dokumen kependudukan Kartu Keluarga berbasis kode bar atau barcode tanpa tanda tangan yang bisa diurus di kecamatan. “Untuk yang basis tanda tangan barcode itu sudah dilakukan di 24 kecamatan,” terang Slamet. (adv*)

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi saat memberikan dokumen administrasi kependudukan secara simbolis. (Dispendukcapil for Koran Pantura)


Bagikan Artikel