Politik & Pemerintahan

Wabup Terkesan Megahnya Jalan Tol Paspro

Wabup Probolinggo HA Timbul Prihanjoko melihat langsong progres pembangunan jalan tol Paspro, kemarin. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)

PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo telah meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah penyelenggara Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dari Kementerian PUPR. Ini terkait peran Pemkab Probolinggo menyukseskan pembangunan proyek Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro). Dan sebelum Tol Paspro diresmikan, kemarin (13/12) Wabup Probolinggo HA Timbul Prihanjoko menyempatkan diri melihat langsung progres pengerjaannya.

Jika tidak ada aral melintang, Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan beroperasinya Tol Paspro (Pasuruan-Probolinggo) dalam waktu dekat ini. Dan sebelum agenda peresmian itu dilakukan, Pemkab Probolinggo tidak ingin kecolongan dan terdapat kendala apapun.

Untuk itu, kemarin Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko melihat langsung progres pengerjaan proyek Tol Paspro ditemani sejumlah pejabat. Sebelum kunjungan, Wabup dan para kepala OPD itu lebih dulu melakukan rapat koordinasi dengan PPK Jalan Tol Paspro dan Probowangi I Agus Minarno, GM Waskita Karya Paspro Sutriman, dan Kapro Seksi II Paspro Didik Sapto. Rapat koordinasi itu dilangsungkan di Rumah Dinas Wakil Bupati di Jl. Ahmad Yani 23 Kota Probolinggo. 

Dalam rapat koordinasi tersebut Wabup Timbul meminta penjelasan kepada kontraktor pelaksana pembangunan Tol Paspro. Terutama terkait progres pembangunan dan juga dampak pembangunan infrastruktur jalan tol sepanjang 31,3 km tersebut.

Dalam pemaparannya GM Waskita Karya Paspro Sutriman menyampaikan bahwa progres pembangunan jalan Tol Paspro per Kamis 13 Desember kemarin sudah berada di atas angka 95 persen. Sisa 5 persen tinggal finishing. Pengerjaanya dikebut hingga akhir tahun ini.

Disampaikan pula oleh Sutriman bahwa pihak Waskita sangat terbantu dengan cepatnya proses pembebasan lahan Tol Paspro. Dengan begitu, proses pengerjaan fisik jalan tol tidak mengalami kendala berarti.

 “Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Probolinggo dan PPK jalan tol yang secara pro aktif terus membantu kami dalam proses pengerjaan fisik jalan tol ini,” katanya.

Mendengar itu, Wabup Timbul mengatakan bahwa sudah semestinya terjadi sinergi di antara seluruh pihak. Terutama pelaksana dan pemerintah daerah. Terlebih Tol Paspro merupakan salah satu bagian penting dalam proyek strategis nasional (Proyeknas) dan masuk dalam satu program Nawa Cita Presiden Jokowi.

“Kami mengapresiasi atas segala usaha dan jerih payah dari para pekerja dari kontraktor dan masyarakat yang terlibat dalam pembangunan jalan tol ini. Sehingga Kabupaten Probolinggo terpilih menjadi daerah penyelenggara praktek terbaik dalam kategori Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dari Kementerian PUPR. Dan kami bangga akan penghargaan itu, karena tidak semua daerah bisa demikian,” sebutnya.

Dengan modal penghargaan tersebut, Wabup Timbul meminta kepada pihak kontraktor jalan tol agar terus bekerja maksimal dan menuntaskan pekerjaan mereka sebelum diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. “Tidak boleh ada kesalahan pengerjaan. Dan ketika diresmikan nanti, proyek ini harus benar-benar siap diresmikan dan dilintasi oleh masyarakat umum. Meski pengerjaanya relatif cepat, kualitasnya juga harus dijaga,” pintanya.

Permintaan tersebut langsung ditanggapi PPK Jalan Tol Paspro dan Probowangi I  Agus Minarno. Ia menyebutkan bahwa selama proses pengerjaan jalam tol tersebut pihaknya telah menyewa konsultan untuk mengawasi langsung jalannya proyek. Sehingga dapat dipastikan pengerjaan tol Paspro ini sudah melewati pengawasan yang ketat dan memiliki kualifikasi dan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Jalannya proyek ini selalu dalam pantauan kami. Dan apabila terdapat permasalahan selalu kami optimalkan untuk segera diselesaikan. Terutama pada proses pembebasan lahan yang secara intensif terus kami kawal agar tak menghambat proyek ini,” paparnya.

Setelah rapat koordinasi, siang itu juga Wabup Timbul langsung meminta kepada GM Waskita Karya Paspro Sutriman dan PPK Jalan Tol Paspro dan Probowangi I Agus Minarno untuk melakukan peninjauan langsung ke Tol Paspro. Tujuannya untuk melihat langsung progres pembangunan jalan tol pertama yang melintasi Kabupaten Probolinggo tersebut.

Dimulai dari peninjauan ke gerbang tol Probolinggo Timur dan dilanjutkan dengan menyusuri Tol Paspro menuju gerbang tol Probolinggo Barat sepanjang 31,3 km. Selama di perjalan Wabup Timbul dan rombongannya sempat berhenti beberapa kali untuk melihat langsung para pekerja tol yang tengah memperbaiki beberapa bagian.

Sesampainya di gerbang tol Probolinggo Barat, Wabup Timbul mengaku terkesan dengan kemegahan jalan Tol Paspro. Menurutnya jalan tol ini tak kalah megah dengan sejumlah jalan tol lain yang pernah dilewatinya di luar daerah. Selain ruas jalannya yang lebar dan melintasi sejumlah jalan utama, bentuk gerbang tolnya juga megah dengan dilengkapi dengan sejumlah pintu masuk yang cukup banyak.

“Warga Probolinggo tak boleh hanya jadi penonton. Adanya tol ini harus dimanfaatkan untuk bisa menggerakkan roda perekonomian lewat pusat UMKM yang akan dibangun di rest area Tol Paspro. Sekaligus adanya tol ini bisa menjadi nilai lebih bagi para investor untuk datang dan membuka usahanya di Kabupaten Probolinggo,” ujar Wabup Timbul. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan