Politik & Pemerintahan

Belusukan, Timbul Prihanjoko Salurkan Solar Cell dan Sembako


PROBOLINGGO – Kwarcab Pramuka dengan program peduli sosial, selama dua hari terakhir belusukan ke Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Bersama Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Probolinggo HA Timbul Prihanjoko, mereka mengunjungi dua keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Gerakan Pramuka peduli ini tidak hanya anak pramuka yang aktif mengajar.  Gerakan ini dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Probolinggo HA Timbul Prihanjoko. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Probolinggo ini tidak sendirian belusukan kemarin. Ia didampingi anggota Pramuka di Kecamatan Kuripan.

Tim ini sejatinya belusukan sejak Selasa (30/7) lalu dan berlanjut kemarin (31/7). Tempat yang dikunjungi pertama yakni keluarga Pak Tiryo di Dusun Lemahabang, Desa Jatisari.  

Kondisi keluarga ini memprihatinkan. Tiryo sejak kecil bersama ibunya tinggal di sebuah rumah yang berada di tengah tengah hutan tanpa penerangan. Mereka menempati gubuk itu dari tahun 1996 sampai sekarang. “Jadi kalau beli minyak tanah ke desa Karanganyar, atau ke Bantaran. Ya hanya untuk penerangana,” kata Tiryo.

Rumah tersebut tidak hanya untuk tempat tinggal Tiryo, tetapi juga untuk hunian bagi hewan peliharaannya. Bahkan antara dapur, kamar tidur dan kandang ternak, semuanya saling berdempetan. Kondisi ini jelas kurang layak ditempati oleh keluarga ini. Kondisi ini pun menjadi perhatian dari Gerakan Pramuka Peduli Sosial.

Saat mengunjungi rumah itu, Wabup Timbul mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan aktivitas sosial Pramuka. “Kami hanya memprioritaskan agar anak Pramuka berjiwa sosial. Artinya, mereka berada di manapun, haruslah bermanfaat kepada orang lain, termasuk kegiatan sosial seperti saat ini,” kata Wabup.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Probolinggo Timbul Prihanjoko mengunjungi warga yang kurang mampu di kecamatan kuripan kemarin. (Choirul Umam Masduqi/Koran Pantura)

Terkait keluarga Tiryo, mulanya ada keinginan memberi sentuhan lebih layak untuk rumah tinggalnya. Namun, ternyata rumah yang ditempat Tiryo itu tanahnya milik Perhutani. “Makanya ini juga masih dicarikan solusinya agar bisa lebih layak,” jelas Wabup Timbul.

Ia pun mengatakan bahwa  untuk membantu keluarga Tiryo, ia bersama gerakan Pramuka memberikan seperangkat alat penerangan berenergi matahari (solar cell). “Ya paling tidak, agar mereka punya penerangan di malam hari, karena selama ini mereka membeli minyak tanah harus ke Desa Karanganyar ataupun ke Bantaran. Jaraknya ya cukup jauh,” ujarnya,

Sedangkan tempat kedua yang dikunjungi ialah rumah Pak Yaman di Desa Kedawung, Kecamatan Kuripan. Tidak hanya rumah gedek yang kondisinya kurang bagus, Pak Yaman dan istrinya hidupnya hanya mengandalkan uluran dari tetangga.  Sebab, pasangan suami istri itu kondisinya sama-sama saki.

Pak Yaman luka di kakinya hingga lumpuh, dan sejak beberapa tahun terakhir tidak bisa melihat. “Kami nanti akan tanyakan apakah keluarga ini sudah masuk PKH atau bagaimana. Nanti akan kami tanyakan ke Pak Camat,” jelas Wabup usai memberikan sembako di kediaman Pak Yaman.

Sementara itu, Camat Kuripan Gundo Joko Priyono mengaku sudah ke lokasi yang dikunjungi Wabup Timbul Prihanjoko. Menurutnya, warga yang berada di Jatisari itu tidak menempati rumahnya sendiri. “Kalau rumahnya sendiri ada di Dusun Kuncian.  Yang ditempati itu gubuk, karena mereka menjadi petugas jaga hutan garapan,” jelasnya.

Camat mengaku masih berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan Perhutani Probolinggo. Namun, pihak Perhutani memang keberatan apagila gubuk yang ditempati Pak Tiryo itu dibangun secara permanen.

“Perhutani yang keberatan, karena rumah itu lahannya milik Perhutani, bukan milik pribadi,” katanya. Meski demikian, gubuk itu pun masih diupayakan untuk mendapatkan solusi terbaik. Paling tidak, bisa lebih layak dihuni.

Sedangkan soal Pak Yaman, Camat mengaku akan berkoordinasi dengan petugas PKH yang berada di desa tersebut. “Tapi kalau kondisinya seperti itu, kami kira ya masuk ke program PKH. Kami akan coba tanyakan dulu ke teman teman PKH,” tandasnya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel