Politik & Pemerintahan

Pemkot dan DLH Jatim Gelar Beach Clean Up di Mayangan


PROBOLINGGO – Pemkot Probolinggo bersama Dinas Lingkungan  Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan, Minggu (28/9) pagi. Lokasinya di pesisir Pantai Mayangan dan di areal Pelabuhan Perikanan Mayangan (PPM) Kota Probolinggo.

Kegiatan tersebut juga diikuti para pelajar SMA sederajat berstatus sekolah Adiwiyata dari berbagai daerah se-Jawa Timur. Para pelajar itu juga melakukan kemah hijau untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Provinsi Jawa Timur di PPM pada Sabtu-Minggu (27-28/7).

Dari kegiatan tersebut, puluhan kantong sampah berhasil dikumpulkan dalam waktu dua jam. Dari kegiatan bertajuk Beach Clean Up tersebut, diharapkan masyarakat tergerak untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan pantai dan pelabuhan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo Budi Krisyanto mengatakan, permasalahan sampah bukan hanya tanggungjawab pemerintah. Tetapi juga merupakan tanggungjawab seluruh stakeholder serta masyarakat luas. “Permasalahan sampah tidak akan pernah selesai kalau yang terlibat hanya pemerintah saja. Ini tanggungjawab kita semua,” tegasnya.

Dengan terlibatnya seluruh elemen masyarakat, permasalahan sampah bisa berkurang. Pejabat yang karib disapa Budikris ini berharap kebiasaan membuang sampah, tidak dicontohkan oleh pejabat pemerintah serta tokoh masyarakat dan stakeholder. “Mereka kan menjadi contoh. Ya harus membiasakan membuang sampah di tempatnya. Jangan dibuang di dekat bak sampah dan sungai,” sergahnya.

Ia juga berharap masyarakat umum tidak tutup mata terhadap permasalahan sampah. Ia berharap masyarakat tidak menangani sampah rumah tangga dengan cara dibakar atau dibuang di pekarangan, apalagi di sungai. Sebab menurutnya, perilaku yang demikian mengganggu orang lain.“Bagi yang melakukan memang tidak masalah. Tapi bagi orang lain, justru bermasalah. Sampah jangan dibakar atau dibuang di tempat sembarangan. Buanglah di tempat pembuangan agar lingkungannya bersih,” imbau Budikris. (gus/adv)


Bagikan Artikel