Politik & Pemerintahan

KPU Kabupaten Tetapkan 50 Dewan Terpilih


KRAKSAAN – KPU Kabupaten Probolinggo akhirnya menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD periode 2019-2024 hasil pemungutan suara Pemilu 2019. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Gedung Islamic Centre Kota Kraksaan, Senin (22/7).

Ketua KPU setempat Lukman Hakim mengatakan, 50 calon terpilih telah memenuhi semua persyaratan untuk dilantik sebagai anggota dewan. Persyaratan terakhir yang disetorkan oleh para calon tersebut adalah LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

“Secara syarat semua calon terpilih di Kabupaten Probolinggo sudah dipenuhi dan tidak ada kendala,” tegasnya.

Menurutnya, penetapan tersebut merupakan rangkaian akhir dari penyelenggaraan Pemilu 2019. “Alhamdulillah hari ini (Senin, red) kami telah selesai melaksanakan rapat pleno penetapan dan berjalan lancar,” katanya.

Dalam rapat tersebut, ada beberapa calon terpilih yang tidak hadir. Menurut Lukman, hal itu bukan merupakan tanggungjawabnya karena pihak KPU telah melayangkan surat pemberitahuan.

“Surat pemberitahuan penetapan kami layangkan ke parpol. Apabila tidak sampai (ke calon terpilih, red) itu sudah tanggungjawabnya parpol. Yang jelas kami juga sudah menyebarkan informasi mengenai acara ini melalui media sosial,” katanya.

Ia mengungkapkan, ada calon yang terpilih yang tidak menghadiri acara penetapan karena sedang melaksanakan ibadah haji.

“Seperti M. Yasin. Sebenarnya meskipun tidak datang, tidak masalah karena sudah ada pihak parpol yang mewakili. Alhamdulillah berjalan lancar karena memang pada acara rakor yang lalu kami sudah menyatukan persepsi dan data,” katanya. (ay/eem)


Bagikan Artikel