Politik & Pemerintahan

Terkait Jabatan Menteri Agama, Hasan: Hanya Wacana


PROBOLINGGO – Sebuah postingan di media sosial (medsos) tentang susunan Kabinet Indonesia Kerja 2019-2024 belakangan ini beredar luas di kalangan netizen Probolinggo. Isinya cukup mengejutkan. Betapa tidak, salah satu menteri yang bakal dilantik oleh Presiden terpilih Joko Widodo adalah warga Probolinggo. Yakni H. Hasan Aminuddin.

Di postingan yang banyak beredar di berbagai grup WhatsApp (WA) itu, nama anggota Komisi VIII DPR RI ini tertera sebagai Menteri Agama Republik Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, H. Hasan Aminuddin akhirnya angkat bicara. Ia mengaku sudah mengetahui adanya postingan tersebut dari laporan kolega maupun dari grup WA. “Saya baca, nama saya memang ada di postingan itu, saya jadi Menteri Agama RI. Itu hanya wacana,” ujar suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini.

Ia mengaku tidak tahu sejak kapan postingan itu beredar dan siapa yang membuatnya pertama kali. Dalam susunan kabinet tersebut, ada beberapa tokoh Partai NasDem yang tertera menjadi menteri.

“Ketika bertemu Pak Jokowi beberapa hari lalu di Jakarta, saya bersama jajaran pengurus DPP Partai NasDem. Waktu itu tidak ada pembicaraan soal NasDem nanti dapat jatah menteri ini menteri itu. Tidak ada itu,” tegasnya.

Menurutnya, kunjungan DPP Partai NasDem ke Jokowi tidak untuk meminta jatah dan jabatan di kabinet. “Itu murni kunjungan partai politik yang peduli kepada perihal kebangsaan dan kenegaraan. Momentumnya setelah lebaran, jadi nuansanya halal bi halal. Dalam pertemuan itu kami bicara masa depan Indonesia,” ungkap Hasan.

Hasan merasa perlu terima kasih jika ia dianggap sebagai salah satu figur yang layak masuk kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Namun ia mengaku tidak berambisi untuk menduduki jabatan menteri.

“Terima kasih jika saya dianggap layak. Namun sekali lagi itu wacana. Namanya juga wacana, tentu belum ada kepastian,” kata Hasan. (ra/eem)


Bagikan Artikel