Politik & Pemerintahan

Pastikan November Pilkades Serentak

PROBOLINGGO – Kepastian soal jadwal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bagi 12 desa di Kabupaten Probolinggo, terjawab sudah. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo menyebutkan bahwa Pilkades serentak bagi 12 tersebut akan diselenggarakan pada November 2019.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda, kemarin (23/5). Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan Pilkades serentak paling lambat harus dilakukan pada bulan November mendatang.

“Pilkades serentak ini diselenggarakan bagi Penjabat (Pj) Kepala Desa yang sudah habis masa jabatannya. Pilkades ini tidak termasuk bagi desa yang kepala desanya meninggal dunia,” kata Syamsul Huda kemarin

Menurutnya, mekanisme penyelenggaraan Pilkades bagi 12 desa ini disesuaikan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo nomor 58 tahun 2018 tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Sehingga nantinya pembentukan panitia Pilkades bagi 12 desa ini akan disahkan langsung oleh oleh Surat Keputusan (SK) Bupati Probolinggo. “Harapannya panitia Pilkades yang dibentuk di 12 desa ini bersikap netral dan tidak memihak pada salah satu calon kades,” jelasnya.

Menurut Syamsul, sebagai langkah persiapan penyelenggaraan Pilkades, saat ini  DPMD Kabupaten Probolinggo tengah mengkaji kegiatan dan tahapan apa saja yang harus dilakukan. Termasuk didalamnya yakni menghitung anggaran yang dibutuhkan, karena semua biaya pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 dibebankan kepada APBD Kabupaten Probolinggo.

“Kebutuhan anggarannya terus kami hitung karena pembiayaan Pilkades ini menggunakan APBD. Tetapi yang jelas, akan kami hitung secara teliti dan seksama agar penyelenggaraan Pilkades serentak tahun ini dapat berjalan sukses tanpa adanya gesekan atau sengketa,” sebutnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak 12 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Probolinggo tahun ini akan mengadakan Pilkades serentak. Untuk ini, Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo telah menganggarkan dana senilai Rp 300 juta.

Adapun Rincian desa yang akan menyelenggarakan Pilkades tahun ini yakni Desa Clarak Kecamatan Leces, Desa Boto Kecamatan Lumbang, Desa Bulu dan Rondokuning Kecamatan Kraksaan, Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron, Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar, Desa Kedawung Kecamatan Kuripan, Desa Matekan, Krampilan dan Kecik Kecamatan Besuk serta Desa Jabung Sisir dan Petunjungan Kecamatan Paiton. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan