Politik & Pemerintahan

ASN – Honorer Gajian 1 Juni


PROBOLINGGO – Kekhawatiran para ASN (Aparatur Sipil Negara) dan pegawai honorer di lingkungan Pemkab Probolinggo soal kemungkinan gaji molor karena jadwal gajian bersamaan cuti bersama,  akhirnya terjawab. Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo memastikan akan tetap mentransfer gaji ASN tepat pada 1 Juni. 

“Tak hanya gaji ASN saja, kami juga akan mentransfer honor tenaga honorer. Dari rencana sebelumnya ditransfer sekitar tanggal 20 Juni, dimajukan menjadi tanggal 1 Juni,” jelas Kepala BKD Santiyono kepada Koran Pantura, Senin (20/5).

Dijelaskan bahwa dimajukannya jadwal transfer gaji ini merupakan kebijakan Bupati Hj P. Tantriana Sari. Bupati tidak menginginkan para tenaga honorer larut dalam kekecewaan lantaran tahun ini mereka berlebaran tanpa mendapatkan THR.  “Sebenarnya meski tidak mendapatkan THR, gaji tenaga honorer sudah dinaikkan secara signifikan sejak awal tahun lalu,” ujarnya.

Santiono mengatakan bahwa Pemkab Probolinggo telah menyiapkan tak kurang dari Rp 36 miliar untuk gaji ASN, dan honor bagi tenaga honorer senilai total Rp 7 miliar. Anggaran itu sedianya akan ditransfer pada tanggal 1 Juni mendatang.

“Meskipun masuk dalam masa cuti bersama, namun pihak bank telah menyanggupi untuk mentransfer gaji dan honor pegawai itu tepat waktu. Jadi, tidak perlu khawatir,” sebutnya.

Sementara itu untuk gaji ke-13, Santiyono menyebut jika jadwal pencairannya akan dilakukan sekitar pekan ke-4 bulan Juni. “Untuk tanggal pastinya kami belum tahu. Yang jelas, akhir bulan Juni mendatang untuk gaji ke-13 itu,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel