Politik & Pemerintahan

Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Palu

PROBOLINGGO – Pemkot Probolinggo memberikan bantuan korban bencana tsunami Palu, Donggala, dan Sigi. Bantuan berupa uang sebesar Rp 253.206.000 itu disalurkan melalui PMI Cabang Kota Probolinggo.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Walikota Probolinggo Hj Rukmini ke Ketua PMI Cabang Kota Probolinggo Indi Eko Yanuarto di ruang transit Kantor Walikota, Jumat (7/12) lalu sekitar pukul 10.00. Penyerahan diiringi dengan penandatanganan berita acara penyerahan bantuan yang disaksikan Asisten Umum, Kepala BPPD, Kabag Humas dan Protokol, serta jajaran pengurus PMI setempat.

Walikota Probolinggo Hj Rukmini menyerahkan bantuan untuk korban bencana Palu melalui PMI Cabang Kota Probolinggo, Jumat (7/12) lalu. Nilai bantuan tersebut sebesar Rp 253.206.000. (Agus Purwoko/Koran Pantura)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kota Probolinggo Prijo Djatmiko mengatakan, dana ratusan juta rupiah itu terkumpul dari ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan pemkot, sejumlah sekolah, dunia usaha dan masyarakat.

“Dana tersebut kami serahkan ke PMI. PMI nanti yang menyalurkan ke korban bendana. Bantuan ini tidak terlambat disalurkan meski masa tanggap darurat bencana telah usai. Sebab, korban gempa tsunami itu masih membutuhkan bantuan sampai sekarang karena masih masa recovery setidaknya selama 30 bulan,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Hj Rukmini berharap bantuan tersebut sampai di tujuan secepatnya. Sehingga bisa segera dimanfaatkan untuk membantu para korban gempa dan tsunami Palu dan sekitarnya. “Ini bentuk kepedulian Pemkot dan masyarakat serta dunia usaha. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para korban. Kami mohon segera diserahkan,” ungkapnya.

Ketua PMI Indi Eko Yanuarto mengungkapkan, sampai saat ini PMI masih di lokasi bencana untuk ikut membantu penanganan dan pemulihan  bencana. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi pemerintah, masyarakat, serta dunia usaha terkait bantuan ini. Kami bangga karena Pemkot memercayakan penyaluran bantuan ini melalui PMI. Kami akan melakukan koordinasi dengan PMI pusat dan provinsi dalam rangka menyalurkan bantuan ini,” terang Indi. (gus/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan