Politik & Pemerintahan

THR Cair 24 Mei


PROBOLINGGO – Tiap Ramadan, kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pada tahun ini, pencairan THR untuk ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo akan dicairkan pada 24 Mei mendatang. Dananya telah disiapkan oleh Badan Keuangan Daerah setempat.

Jurianto, Kepala Bidang Anggaran pada Badan Keuangan Daerah setempat mengungkapkan, THR yang diberikan pada tahun ini mengikuti peraturan gaji pokok PNS yang berlaku saat ini. Yakni PP 15/2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah 7/1977 tentang Peraturan Gaji ASN. Peraturan tersebut menyatakan bahwa THR naik sebesar 5 persen.

“Besaran THR yang diterima itu bervariasi tiap jabatan, golongan, dan masa kerja. Semua itu tergantung dari besaran gaji pokok yang diterima oleh masing-masing ASN,” ungkapnya, Senin (6/5).

Dalam PP yang diteken oleh Presiden JokoWidodo (Jokowi) pada Senin kemarin itu, diterangkan bahwa gaji terendah PNS, golongan I/a masa kerja di bawah 1 tahun menjadi Rp 1.560.800. Sementara gaji tertinggi yakni untuk PNS golongan IV/e dengan masa kerja 32 tahun adalah sebesar Rp 5.901.200. Adapun tunjangan yang diterima PNS dan masuk dalam komponen THR bervariasi. Nilainya tergantung pada instansi atau lembaga yang membawahinya, jabatan, kinerja, dan sebagainya.

“Jika melihat ke belakang, besaran THR yang diterima PNS pada 2018 sebesar satu kali gaji penuh atau take home pay. Dalam take home pay tersebut, ada berbagai tunjangan yang diberikan,” ujarnya.

Sebagai informasi pemkab Probolinggo pada tahun 2019 mengalokasikan anggaran senilai Rp 534.902.450.972 untuk gaji. Di dalamnya sudah termasuk THR dan gaji ke-14 bagi sekitar 7.965 ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo. Pada tahun ini pula akan ada pengurangan jumlah ASN karena pensiun sebanyak 377 ASN. (tm/eem)


Bagikan Artikel