Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Tembus 196.886 Suara

PROBOLINGGO – Dalam beberapa hari terakhir, beredar sebuah berkas berbentuk pdf di berbagai grup WhatsApp (WA). Isinya adalah hasil penghitungan suara caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim (Kabupaten/Kota Probolinggo-Pasuruan) Pemilu 2019. Berkas dengan logo Partai Golkar itu menempatkan H. Hasan Aminuddin sebagai caleg DPR RI dengan suara terbanyak. Yakni 196.886 suara.

Dengan perolehan tersebut, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Partai NasDem ini dipastikan akan kembali duduk di kursi DPR RI periode 2019-2024.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma rupanya enggan menyebut bahwa berkas tersebut adalah rilis resmi pihaknya. Namun ia mengakui berkas tersebut beredar di grup WhatsApp internal Partai Golkar.

“Mungkin data itu yang buat tim IT Golkar tingkat yang lain. Soalnya, kami memang tergabung dalam grup internal WA cukup banyak. Mulai dari tingkat daerah hingga pusat. Kalau kami (DPD Kabupaten) hanya bertugas menghitung hasil kabupaten saja,” ungkapnya.

Meski demikian, Oka tak menampik bahwa perolehan suara yang terdapat di berkas tersebut relatif sama dengan penghitungan yang dilakukan pihak DPD. Oka juga meyakini bahwa penghitungan internal partainya tidak akan meleset dari penghitungan manual Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketika ditanya apakah parpol lainnya merilis data berbeda dengan Golkar, Oka enggan memberikan jawaban yang jelas. “Kami gak melihat versi parpol yang lain. Tapi kayaknya rilis dari parpol lain hampir sama,” klaimnya.

Menurutnya, Dapil Jatim II memiliki alokasi 7 kursi DPR RI. Berdasar real count internal Partai Golkar, ada 2 parpol yang menempatkan 2 wakilnya. Yakni PKB dan Partai NasDem. “Sementara Partai Golkar, PDI-P dan Partai Gerindra masing-masing mendapatkan 1 kursi di DPR RI Dapil Jatim II,” kata Oka, Rabu (1/5).

Perolehan kursi pemilu 2019 ini menggunakan metode Sainte Lague. Di mana perolehan total suara parpol dan suara caleg kemudian dibagi bilangan ganjil dimulai dari 1, 3, 5, dan seterusnya hingga mendapatkan jumlah alokasi yang ditetapkan.

“Untuk perolehan suara caleg terbanyak urutan pertama H. Hasan Aminuddin dengan 196.886 suara. Diikuti H. Mukhamad Misbakhun dengan 113.357 suara, dr. Mufti dengan 95.625 suara, Faisol Riza 82.502 dan Hj. Anisah Syakur dengan 62.002 suara,” bebernya. Sisa 2 kursi lainnya diraih oleh Laksdya TNI (purn) Moekhlas dari Partai Gerindra dengan 41.581 dan Aminurokhman dari Partai NasDem dengan 26.464 suara. Kedua nama terakhir mendapatkan kursi berdasar metode perhitungan Sainte Lague. (awi/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan