Politik & Pemerintahan

NasDem Klaim 17 Kursi


PROBOLINGGO – Penghitungan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Probolinggo masih dilakukan di tingkat kecamatan. Namun, setiap parpol peserta Pemilu memiliki hasil perolehan versinya sendiri. Partai NasDem pun demikian. NasDem telah menyatakan perolehan kursinya mengalami peningkatan.

Ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat H. Hasan Aminuddin mengaku telah mendapat laporan dari tim yang dibentuk DPD Partai NasDem Kabupaten Probolinggo. “Rekap suara internal tim sudah saya terima. Laporannya, NasDem dapat 17 kursi dari 7 dapil di Kabupaten Probolinggo,” terangnya kepada Koran Pantura, Senin (22/4).

Dengan demikian, NasDem berhasil meningkatkan perolehan kursinya di DPRD Kabupaten Probolinggo. Dari hasil Pemilu 2014 lalu, ada 14 kursi yang diraih. Namun jika hitungan internal tim tepat sasaran, maka NasDem akan memiliki 17 kursi dari hasil Pemilu 2019.

“Saya yakin data ini sudah valid dan tidak akan berbeda dengan pengumuman resmi dari KPU nanti di akhir Mei mendatang. Sebab cara menghitung yang dilakukan oleh NasDem, sama dengan yang diterapkan oleh KPU,” terangnya.

Dari 7 daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Probolinggo, tambahan 3 kursi didapat dari 3 dapil. Yakni dapil I (Dringu, Gending, Pajarakan, Krejengan), dapil IV (Tiris, Krucil, Maron), serta dapil VI (Sukapura, Sumber, Kuripan, Bantaran, Wonomerto). “Bertambah masing-masing 1 kursi dari perolehan sebelumnya,” terangnya.

Hasan mengaku senang karena kursi NasDem bakal bertambah. Hal itu juga sejalan dengan target yang dibebankan DPP kepada DPD setempat. “Perolehan suara Partai NasDem secara nasional juga meningkat. Ini terjadi karena suara di daerah juga meningkat. Inilah yang kami harapkan di DPP,” ungkap suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini.

Di sisi lain, ia juga mengaku mendapat bocoran terkait perolehan kursi dari parpol lain. “Ada beberapa yang naik jumlah kursinya, ada yang turun, ada juga yang tidak mendapat kursi sama sekali. Sifatnya masih prediksi, tapi ini prediksi yang terukur,” terangnya. (ra/eem)


Bagikan Artikel