Politik & Pemerintahan

Surat Suara Pemilu Kurang


PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo saat ini sedang mempersiapkan logistik Pemilu. Dalam proses tersebut terkendala kurangnya ribuan surat suara untuk pemilih yang tersebar di 7 kecamatan.

Ketua KPU setempat Lukman Hakim mengatakan, kekurangan ribuan surat suara itu sudah direkap dan telah dilaporkan kepada KPU Provinsi Jawa Timur. Yakni pada sebuah kegiatan bimbingan teknis di Malang, Senin (8/4). “Dalam waktu dekat, surat suara tambahan dijanjikan akan segera tiba sebelum proses pendistribusian ke Kecamatan,” ujarnya, Selasa (9/4).

Menurutnya, data kekurangan itu bersifat data sementara. Sebab, tidak menutup kemungkinan kekurangan surat suara juga terjadi di kecamatan lainnya. Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan pendataan. Selain itu, komunikasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur juga terus dilakukan untuk memastikan tidak terjadi kekurangan surat suara pada hari pemungutan suara.

“Kami masih terus melakukan pendataan terhadap logistik surat suara. Pendataan tersebut akan terus kami lakukan sampai H-4. Setelah itu baru nanti didistribusikan,” terangnya.

Petugas sedang melaksanakan kegiatan pengepakan logistik di gudang sewa KPU Kabupaten Probolinggo di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pajarakan, Selasa (9/4). (Deni Ahmad Wijaya/Koran Pantura)

Lukman menambahkan,  sebenarnya surat suara yang ada, telah dilipat dan dipak pada Maret lalu. Namun surat suara tersebut belum disegel karena belum dilengkapi form C2 sampai C7.

“Form yang dibutuhkan itu baru saja datang dan sedang proses dimasukkan ke dalam kemasan surat suara. Kami berharap tidak sampai ada yang tercecer ataupun kurang agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” ungkap warga Kebonagung Kraksaan ini. (tm/eem)


Bagikan Artikel