Politik & Pemerintahan

Pemkab Bakal Kelola Penuh Pantai Duta

KRAKSAAN – Polemik soal pengelolaan Pantai Duta di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton akhirnya mendapat sorotan dari Pemkab Probolinggo. Kepala Disporaparbud Sidik Wijanarko menyatakan bahwa Pemkab Probolinggo akan mengelola secara penuh Pantai Duta. Itu akan dilakukan setelah peraturan daerah (perda) tentang retribusi diterbitkan.

Menyusul polemik panjang terkait pengelolaan Pantai Duta, Sidik Wijarnako menyatakan bahwa sudah tidak ada yang perlu dipermasalahkan lagi. Menurutnya, pada hakikatnya seluruh fasilitas yang ada di Pantai Duta merupakan aset milik pemerintah. “Fasilitas itu banyak dibangun oleh pemerintah. Berarti, itu kembali pada pemerintah,” kata Sidik saat dikonfirmasi kemarin (5/12).

Begitu pula dengan fasilitas yang dibangun oleh CSR PT YTL. Semua sudah sudah diserahkan kepada pemerintah. Maka, secara otomatis pemerintah memiliki hak penuh atas pengelolaan Pantai Duta. “Sebenarnya pengelolaan Pantai Duta sudah diambil alih pemkab sejak terbitnya perda nomor 7 tahun 2017 tentang pariwisata,” jelas Sidik.

Hanya, kata Sidik, perda tersebut masih belum mencakup keseluruhan pengelolaan. Sehingga pemungutan tarif karcis atau biaya retribusi belum dikelola pemkab. Sebab, perdanya masih belum diterbitkan. “Kemungkinan besok (hari ini, red), perda itu akan diterbitkan oleh DPRD,” paparnya.
Setelah perda retribusi itu diketok dan berlaku, lanjut Sidik, Pemkab Probolinggo bakal ambil alih secara penuh fasilitas yang ada di Pantai Duta.

Menurut Sidiq, selama ini retribusi Pantai Duta dikelola oleh Pokdarwis. Lalu karena alasan tertentu, Pantai Duta diambil-alih oleh Pemdes Randutatah. “Tapi kalau perda retribusi sudah berlaku, pemerintah kabupaten mengelola penuh Pantai Duta,” ungkapnya.

Nah, jika nantinya Pemdes Randutatah ingin terlibat dalam pengelolaan tersebut, bisa dibicarakan berdasarkan kerjasama bagi hasil. Begitu pula dengan Pokdarwis yang dipimpin oleh Abdul Aziz. Sidik memastikan tidak akan mencampakkan Pokdarwis. “Kami akan tetap rangkul dan bisa pokdarwis itu tetap kami berikan kewenangan dalam Pantai Duta nanti,” imbuh Sidik. (yek/iwy)

Panorama senja di Pantai Duta di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton. (Deni Ahmad Wijaya/Koran Pantura)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan