Politik & Pemerintahan

Pemkab Probolinggo Gelar Musrenbang 2020

KRAKSAAN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Probolinggo tahun 2020, dihelat pada Kamis (21/3). Acara yang digelar oleh Pemkab Probolinggo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) itu bertempat di Auditorium Madakaripura, Kantor Bupati Probolinggo, Kota Kraksaan.

Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan, tema yang diangkat yakni Pengembangan Kualitas Sumberdaya Manusia, Infrastruktur Berkelanjutan, dan Ketertiban Umum untuk Mencapai Pertumbuhan yang Berkualitas.

Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo memberikan sambutan dalam acara Musrenbang Kabupaten Probolinggo, Kamis (21/3). (Rahmat Hidayat/Koran Pantura)

“Peserta sekitar 300 orang. Hadir perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Timur, Bakorwil V Jember, Forkopimda Kabupaten, OPD Pemkab Probolinggo dan kelompok masyarakat yang memberikan usulan pembangunan,” terang Tutug.

Menurutnya, Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2020 adalah penjabaran dari RPJMD 2018-2023. Masing-masing OPD, kata tutug, sudah memiliki Renstra (Rencana Strategis) 5 tahun ke depan dan Renja (Rencana Kerja) 1 tahun ke depan. “Inilah yang akan memunculkan agenda dan penganggaran yang prioritas. Disesuaikan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo,” terangnya.

Misi Musrenbang, yang pertama adalah mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia melalui tatanan kehidupan tenteram dan toleran. Misi kedua yakni sejahtera diwujudkan melalui peningkatan SDM dan penurunan angka kemiskinan. Ketiga, Keadilan sosial diwujudkan dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Misi keempat, daya saing diwujudkan melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan

“Rumusan dari misi  itu di-breakdown ke tujuan dan sasaran. Indikator capaian pembangunan tidak terlalu optimis dan pesimis, karena mengacu pada pengalamam pembangunan sebelumnya,” paparnya.

Pihaknya menentukan target pembangunan yang maksimal, dan berharap bisa dilampaui. Isu strategis yang dibahas yakni tentang yang relevan saat ini. Kemudian dimunculkan dalam program prioritas berupa Nawa Hati. Yakni Hati Cerdas, Pesona Hati, Hati Sehat, Hati Mantap, Hati Melayani, Hati Peduli, Hati Makmur, Hati Tentram, dan Hati Sejuk.

“Tema Musrenbang sudah disesuaikan dan disinkronkan dengan Nasional dan Pemprov Jatim. Insya Allah sudah serasi dan selaras tema kami,” terangnya.

Bappeda juga melakukan refocusing Program dan Kegiatan. Hal itu tidak mudah karena pada APBD tahun anggaran 2019 terdapat 562 program dan 1.756 kegiatan. Namun pada R-APBD 2020 akan dirampingkan menjadi 275 program dan 1.054 kegiatan. (ra/eem/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan