Politik & Pemerintahan

Para Ibu Nyai Probolinggo Dukung Jokowi

KRAKSAAN – Para ibu nyai pengasuh pondok pesantren dan asatidzah se-Kabupaten Probolinggo berkumpul di Gedung Sasana Krida Kraksaan, Kamis (21/3). Mereka menggelar istighotsah sekaligus menyatakan dukungan. Yakni kepada paslon Presiden dan Wakil Presiden RI nomor urut 01 Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin.

“Deklarasi ini didasari karena kesamaan visi, terutama di kalangan pesantren. Kami akan bergerak mengedukasi masyarakat dari dalem (rumah pengasuh pesantren, red), dari rumah ke komunitas-komunitas yang kami punya,” terang Nyai Hj. Khodijatul Qodriyah selaku koordinator dari kelompok yang menamakan diri sebagai Nyai ber-Satu Probolinggo ini.

Ia menyatakan, komitmen tersebut dinyatakan karena paslon 01 dinilai sebagai perpaduan yang tepat sebagai cermin dari kelompok nasionalis-agamis. “Selain itu, ini juga untuk mematuhi titah sebagian besar ulama Ahlussunah wal Jamaah di Indonesia,” kata istri dari Pengasuh Ponpes dari Nurul Jadid Paiton KH. Abdul Hamid Wahid ini.

Untuk pemenangan paslon tersebut, ia memasrahkan setiap hadirin untuk menyusun strategi. “Ini kan kumpulan dari beberapa pesantren. Setiap pesantren kan punya ciri khas masing-masing. Mereka yang paham dengan santrinya dan bagaimana model pendekatannya,” kata Ibu Nyai yang karib disapa Ning I’ah ini. (ay/eem)

Ribuan peserta menghadiri acara istighotsah dan dekralasi Nyai ber-Satu di Gedung Sasana Krida Kraksaan, Kamis (21/3). (Ali Ya’lu/Koran Pantura)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan