Politik & Pemerintahan

Pemkab Probolinggo Akan Gelar Musrenbang 2020


Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari memberikan paparan dalam Musrenbang RPJMD 5 tahunan beberapa waktu lalu. (Dokumen)

KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk 2020 pada hari ini. Kegiatan di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan itu akan dimulai pukul 08.30.

Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan, dasar penyelenggaraan Musrenbang adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia nomor 86 tahun 2017.

“Tujuan Musrenbang untuk menyepakati Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020. Antara lain tema pembangunan, isu-isu strategis, dan prioritas pembangunan tahun 2020,” terang Tutug.

Selain itu, dalam Musrenbang juga akan disepakati prioritas yang belum terakomodir pada RKPD 2020. Yakni untuk diusulkan ke Pemprov Jatim (APBD 1), Pemerintah Pusat (APBN), dan Creative Financing. Misalnya CSR (Corporate Social Responsibility) dan hibah luar negeri. “Undangan berasal dari unsur pemerintah dan non pemerintah,” ungkap Tutug.

Sementara itu, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari menginginkan Musrenbang sesuai dengan arah dan visi pembangunannya. Hal itu tertuang dalam visi pembangunan. Yakni Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Probolinggo Berakhlak Mulia yang Sejahtera Berkeadilan dan Berdaya Saing.

“Visi itu tertuang dalam 4 Misi. Pertama, mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia melalui tatanan kehidupan tenteram dan toleran,” kata Bupati.

Kedua, kesejahteraan masyarakat diwujudkan melalui peningkatan SDM dan penurunan angka kemiskinan. Misi ketiga yakni keadilan sosial diwujudkan dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. “Keempat, daya saing diwujudkan melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan,” kata Bupati. (ra/eem)


Bagikan Artikel