Politik & Pemerintahan

Peringati HUT PGRI, Gelar Dialog Pendidikan

KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar Dialog Pendidikan dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional tahun 2018 di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan, Senin (3/12). Untuk itu, Dispendik menghadirkan Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari dan Penasehat PGRI Kabupaten Proboliggo H. Hasan Aminuddin.

Bupati Tantri saat menjadi keynote speech dalam acara dialog pendidikan dalam peringatan HUT PGRI (Deni Ahmad Wijaya/Koran Pantura)

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan, tema kegiatan tersebut adalah ‘Pendidikan Bermutu untuk Semua’. Dalam giat itu, Pemkab juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada sejumlah guru berprestasi tingkat Nasional.

“Pada kesempatan ini, kami mohon arahan Bupati agar guru terus berinovasi meningkatkan mutu pendidikan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang mengalokasikan insentif bagi guru TK, peningkatan gaji GTT, dan juga uang transport bagi guru di Gili Ketapang,” kata Dewi dalam sambutannya.

Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari mengatakan, kata kunci dalam peningkatan mutu pendidikan ada pada kerjasama antar seluruh pihak. Bukan hanya kebijakan dari Pemkab, melainkan juga dari sisi SDM guru.

“Untuk menuju bermutu, Pemkab Probolinggo mengupayakan melalui kebijakan politik dari APBD. Saya berbicara 2019-2023, jihad pemda salah satu poin penting adalah di bidang pendidikan,” kata Tantri disambut tepuk tangan hadirin.

Menurutnya, hal ini menjadi sebuah kesempatan bagi guru. Bupati mengumpamakan guru sebagai prajurit, sedangkan Bupati tugasnya hanya memastikan bahwa kelengkapan prajurit terpenuhi.

“Eksekutor pertama dan terakhir tetap ada pada guru. Oleh karenanya, tahun 2019 dan seterusnya, dengan rasa hormat, saya meminta kepada para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan merata melalui profesionalismenya,” tegas istri dari H Hasan Aminuddin ini.

Usai rangkaian sambutan dari sejumlah pihak, dibuka dialog antara hadirin dengan Bupati dan Hasan Aminuddin. Mayoritas bertanya tentang kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan guru. Sebagian lainnya tentang saran pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Probolinggo. (adv/awi)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan