Politik & Pemerintahan

Positif, Ugas Irwanto Sekda Kabupaten Probolinggo, Drama Berakhir


PROBOLINGGO – Sejumlah drama mewarnai penentuan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Probolinggo. Hingga akhirnya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyetujui dan memberikan rekomendasi kepada Ugas Irwanto untuk menjadi Sekda baru di Pemkab Probolinggo.

Sebagai tindak lanjut, Pemkab Probolinggo telah menyebar undangan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekda baru. Kegiatan tersebut akan dilakukan di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Kamis (2/2) sore. Dengan demikian, Ugas seharusnya akan mengakhiri tugasnya sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo.

Menanggapi rencana pelantikan dimaksud, Ugas Irwanto tidak menampiknya. Ia bahkan telah menyatakan kesiapan untuk mengemban tugas barunya sebagai orang nomor satu di lingkup birokrasi Pemkab Probolinggo.

”Iya besok rencananya dilantik di pendopo. Undangannya juga sudah saya terima,” ujarnya singkat, Rabu (1/2).

Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Probolinggo juga mengetahui informasi terpilihnya Ugas Irwanto sebagai Sekda baru Kabupaten Probolinggo. Seorang ASN terang-terangan menyampaikan harapannya.

“Harapannya Pak Ugas mampu mengemban tugas dan amanah tersebut sebaik-baiknya. Karena banyak pegawai di Kabupaten Probolinggo yang perlu diperjuangkan nasib dan kesejahteraannya,” kata salah seorang ASN yang enggan disebutkan namanya.

Dalam prosesnya, Ugas menyisihkan 6 kandidat calon Sekda lainnya. Yakni Agus Mukson selaku Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo, Doddy Nur Baskoro selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Probolinggo, dan Kristiana Ruliani selalu Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya Yulius Christian selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Edy Suryanto selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo, serta Heri Sulistyanto selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo.

Dari 6 nama tersebut, 2 nama yang tersebut terakhir, yakni Edy Suryanto dan Heri Sulistyanto, bersama Ugas dinyatakan lolos lolos fit and proper test dan masuk 3 besar calon sekda. Tes itu diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo sejak akhir tahun lalu.

Namun, ada aduan dari masyarakat. Pengumuman nama Sekda terpilih saat itu akhirnya tidak bisa dilakukan. Bahkan berujung pada penundaan pengumuman nama Sekda. Sehingga selanjutnya jabatan sekda diisi oleh Plt (Pelaksana Tugas) Sekda yang diisi oleh Asisten II Bidang Perekonomian Pemkab Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari. Namun, Kemendagri menolak Hasyim Ashari lantaran berdasarkan hasil verifikasi kepegawaian, Hasyim merupakan suami dari Ulfiningtyas yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian(Kabag) Umum Pemkab Probolinggo.

Secara aturan, untuk menjaga agar tidak terjadi konflik kepentingan yang dapat mempengaruhi objekvitas penilaian kinerja atasan dan bawahan, juga agar tidak memengaruhi hubungan kerja organisasi dan verifikasi di lingkungan Pemkab Probolinggo, posisi Plt Sekda harus diisi oleh pejabat lainnya.

Selang beberapa hari setelah surat penolakan dari Kemendagri tertanggal 20 Januari 2023 itu, tiba-tiba turun surat undangan untuk acara pelantikan Sekda Kabupaten Probolinggo atas nama Ugas Irwanto tertanggal 2 februari 2023. Dengan begitu drama penetapan Sekda Kabupaten Probolinggo secara definitif pun akan segera berakhir. (tm/eem)


Bagikan Artikel