Istiqomah Mencerdaskan

Tercepat dan Terpercaya

Politik & Pemerintahan

Gus Haris Masuk Urutan Tertinggi Hasil Survei Calon Bupati

PROBOLINGGO – Lembaga survei politik dan opini publik Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) menempatkan Pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Gus Muhammad Haris (Gus Haris) sebagai calon bupati dengan elektabilitas paling tinggi di Kabupaten Probolinggo.

Dalam survei tertutup 9 calon bupati yang disebut-sebut bakal maju dalam pilkada Probolinggo tahun 2024, elektabilitas Gus Haris teratas dengan angka 23,6 persen. Kemudian disusul Mahdi di peringkat kedua dengan prosentase 10,0 persen.

Posisi ketiga ditempati Abdul Malik Haramain dengan angka 9,8 persen, lalu Timbul Prihanjoko 9,5 persen dan Faisol Reza dengan angka 3,4 persen. Sedangkan empat tokoh lainnya memiliki elektabilitas dibawah 1 persen.

Saat dimunculkan tiga calon saja dengan enam simulasi calon, nama Gus Haris selalu menempati urutan teratas dengan prosentase 23,9 persen hingga 31,6 persen. Sedangkan calon lainnya dalam simulasi sama, prosentasenya dibawah 10 persen.

Jika dimunculkan dua nama calon dengan enam simulasi, nama Gus Haris juga menempati urutan teratas. Prosentase elektabilitas tertinggi Gus Haris pada dua simulasi berada pada angka 31,8 persen.

Survei yang diambil akhir tahun 2022 ini menggunakan metode multistage random sampling dan dilakukan dengan wawancara tatap muka. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 440 responden dengan margin of error 4,8 persen.

Menyikapi hasil survei lembaga independen yang mengunggulkan namanya, Gus Haris menyebut, hal itu menunjukkan bahwa perhatian masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam kontestasi pemilihan kepala daerah cukup besar.

“Menyikapi berita yang juga baru kami baca pagi ini, tentu patut kami syukuri karena membuktikan bahwa atensi dan perhatian masyarakat terhadap keberlangsungan masa depan Kabupaten Probolinggo ternyata cukup besar,” kata Gus Haris, Jumat (6/1).

Survei tersebut, lanjutnya, juga menunjukkan bahwa dinamika politik di Kabupaten Probolinggo masih menjadi magnet sejumlah pihak, tak terkecuali LSI Denny JA yang notabene merupakan lembaga survei bonafide dengan tingkat akurasi data sangat baik.

“Ini menunjukkan bahwa Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah yang mendapat perhatian khusus terkait perkembangan dinamika politiknya,” ungkap tokoh muda yang dikenal ramah ini.

Dari hasil survei yang tersampaikan tersebut, Gus Haris mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat kepada dirinya. Baginya, dinamika politik sangat mungkin berubah dengan sangat cepat.

“Ini bisa jadi bahan evaluasi juga bagi kami, karena pemilukada juga masih jauh, masyarakat masih akan menghadapi pileg dan pilpres,” imbuh Gus Haris. (ar/ra)

Tinggalkan Balasan

Jurnalis Koran Pantura